Advertisement

Harian Jogja Raih Penghargaan Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam 2023

Lajeng Padmaratri
Rabu, 06 September 2023 - 19:57 WIB
Maya Herawati
Harian Jogja Raih Penghargaan Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam 2023 Pustakawan Ahli Utama Perpusnas Woro Titi Haryanti (kiri) bersama Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Maria Yuliana Benyamin (kanan) dan Wakil Pemimpin Redaksi Harian Jogja Nugroho Nurcahyo (dua kanan) berfoto dalam ajang Penghargaan Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam Tahun 2023 di Jakarta, Rabu (6/9/2023). - JIBI/Bisnis Indonesia/Fanny Kusumawardhani

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Aksara Dinamika Jogja penerbit Harian Jogja menerima penghargaan Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SSKCKR) Tahun 2023 untuk kategori karya cetak surat kabar/tabloid pada Rabu (6/9/2023) di Jakarta.

Penghargaan ini diberikan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) dalam Pekan Penghargaan Pelaksanaan Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam Tahun 2023, yang diadakan di Gedung Perpusnas RI, Jakarta, 6-7 September 2023. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Pimpinan Redaksi Harian Jogja, Nugroho Nurcahyo.

Advertisement

Pemberian penghargaan tahunan ini dilakukan sebagai perwujudan mandat UU No. 13/2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam khususnya dalam hal pemberian penghargaan. Tahun ini, Perpusnas kembali menggelar ajang tersebut dengan enam kategori yang berbeda, antara lain karya cetak majalah/buletin, karya surat kabar/tabloid, karya monograf, penerbit perguruan tinggi, penerbit kementerian/lembaga, dan produsen karya rekam (monograf).

Dalam gelaran ini, Direktur Deposit dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Perpusnas RI, Emyati Tangke Lembang, menyampaikan penyerahan penghargaan Serah Simpan Karya Cetak Dan Karya Rekam ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para penulis maupun produsen karya rekam untuk menghasilkan karya-karya yang berkualitas.

“Ke depan diharapkan semakin banyak penulis yang membuat karya dari berbagai subjek keilmuan, terlebih produsen karya rekam dan penulis merupakan elemen masyarakat yang sangat berperan dalam pembangunan budaya literasi,” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa dengan hadirnya kedua payung hukum pelaksanaan serah simpan yaitu UU No.13/2018 tentang SSKCKR dan Peraturan Pemerintah No.55/2021 tentang Pelaksanaan UU No.13/2018 tentang SSKCKR diharapkan dapat meningkatkan penghimpunan dan pelestarian karya anak bangsa.

“Semoga pemberian penghargaan ini dapat meningkatkan pelestarian karya anak bangsa yang berperan sebagai tolak ukur kemajuan intelektual bangsa dalam bidang pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi,” imbuh Emyati.

BACA JUGA: Harian Jogja Raih Gold Winner Indonesia Print Media Award

Adapun penghargaan ini diberikan kepada 27 pelaksana aktif serah yang tertib menyerahkan karyanya. Penghargaan untuk kategori karya cetak majalah/buletin diserahkan kepada PT Media Investor Indonesia dengan judul Majalah Investor, PT Mangle Panglipur dengan judul Mangle, dan Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal DPR RI dengan judul Buletin Parlemantaria.

Kategori karya cetak surat kabar/tabloid diserahkan kepada PT Jurnalindo Aksara Grafika dengan judul Bisnis Indonesia, PT Genta Singgalang Press dengan judul Harian Singgalang, PT Aksara Dinamika Jogja dengan judul Harian Jogja, dan PT Duta Karya Swasta dengan judul Tabloid Sinar Tani.

Kemudian, kategori karya cetak monograf diserahkan kepada CV Kekata Group, PT Insan Cendekia Mandiri Group, CV Madza Media, PT Elex Media Komputindo, dan Penerbit K-Media.

Kategori penerbit perguruan tinggi, penghargaan diberikan untuk Universitas Andalas, Universitas Terbuka, Medical Education Unit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, UIN Maliki Press, dan UNIMUS Press.

Kategori penerbit/lembaga, penghargaan diserahkan kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Kementerian Dalam Negeri RI, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional RI.

Sementara kategori produsen karya rekam (monograf), penghargaan diserahkan kepada Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia, Penerbit Liniswara, Victory Pustaka Media, Institut Teknologi Sumatera Press, Nas Media Pustaka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hanum, Putri Amien Rais Mendaftar Balon Wali Kota Jogja Lewat PKB

Jogja
| Sabtu, 04 Mei 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement