Advertisement

Cak Imin: Biaya Politik Caleg di Jakarta Rp40 Miliar

Newswire
Sabtu, 12 Agustus 2023 - 14:17 WIB
Maya Herawati
Cak Imin: Biaya Politik Caleg di Jakarta Rp40 Miliar Muhaimin Iskandar atau Cak Imin / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyebut biaya politik calon anggota legislatif (caleg) di DKI Jakarta mencapai Rp40 miliar.

"Kalau di Jakarta, teman-teman saya yang jadi tiga sampai empat kali, ongkosnya sekitar Rp40 miliar," kata Muhaimin saat memberikan sambutan pada pidato kebudayaan, di Gedung Joeang 45, Jakarta, Jumat (11/8/2023) malam.

Advertisement

Dia menjelaskan persaingan politik dalam pemilu dua periode terakhir, menunjukkan bahwa kompetisi yang menghalalkan segala cara telah berjalan di lapangan, dengan sangat terbuka.

"Apa yang disampaikan dengan money politics [politik uang], yang kaya yang berkuasa, yang menang yang punya duit, itu terbukti di lapangan dengan baik," ujarnya pula.

BACA JUGA: Garuda Indonesia Masuk Jajaran Fortune Indonesia 100

Wakil Ketua DPR RI itu merasa prihatin dengan kondisi tersebut. Bahkan, dia menegaskan sebagai salah seorang yang menginginkan para anak muda dan aktivis, yang harus duduk di legislatif dengan ideologi yang jelas. "Kompetisinya sudah sangat pragmatis," ujarnya lagi.

Namun, saat ditanyakan berapa ongkos politik pada pemilihan presiden, Muhaimin hanya tersenyum dan tertawa. "Saya belum pernah pengalaman jadi capres, jadi enggak tahu," katanya pula.

Islam Nusantara Foundation (INF) menggelar Pidato Kebudayaan dengan tema Kembali ke Cita-cita Luhur Bangsa. Kegiatan ini dalam rangka memperingati 78 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, di Gedung Joeang 45, Jakarta.

Kegiatan itu dihadiri Ketua Dewan Penasehat INF Profesor KH Said Aqil Siradj yang juga Ketua Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harian Jogja Jumat 17 Mei 2024, Update Tol Jogja Solo, Dampak Pelarangan Study Tour ke Jogja hingga Koruptor Ditangkap

Jogja
| Jum'at, 17 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement