Advertisement

Kirim Ribuan Anggota Pramuka, Ketua Kwarda Jateng Sampaikan 4 Pesan Khusus

Media Digital
Jum'at, 11 Agustus 2023 - 20:47 WIB
Arief Junianto
Kirim Ribuan Anggota Pramuka, Ketua Kwarda Jateng Sampaikan 4 Pesan Khusus Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah, Siti Atikoh Ganjar Pranowo (kiri) saat pelepasan kontingen Jawa Tengah ke Raimuna Nasional (Rainas) XII/2023 di Wisma Perdamaian, Rabu (9/8/2023). - Istimewa

Advertisement

SEMARANG—Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah, Siti Atikoh Ganjar Pranowo menyampaikan empat pesan khusus pada para anggota pramuka penegak dan pandega Jateng. Pesannya antara lain agar menjaga kesehatan, mengutamakan tepa selira, toleransi dan kekompakan.

Hal itu disampaikan Atikoh Ganjar seusai menghadiri pelepasan kontingen Jawa Tengah ke Raimuna Nasional (Rainas) XII/2023 di Wisma Perdamaian, Rabu (9/8/2023).

Advertisement

Sesuai jadwal, Rainas XII akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. “Pertama, tentu adik-adik harus menjaga kesehatan karena kondisi cuaca masih fluktuatif,” kata Atikoh melalui rilis, Jumat (11/8/2023).

Atikoh juga meminta agar anggota kontingen Jawa Tengah menjaga kekompoakan. Apalagi peserta Rainas XII jumlahnya mencapai 21.000 dari seluruh Indonesia. “Dari Jawa Tengah ada 1.300-an maka membutuhkan kerja sama yang luar biasa,” ujarnya.

BACA JUGA: Lokasi Jambore Pramuka Dunia Dilanda Panas Ekstrem, Begini Kondisi Kontingen DIY

Sejalan dengan kekompakan, Atikoh juga meminta agar pramuka penegak dan pandega dari Jawa Tengah mengutamakan sikap toleransi. Dengan begitu, kegiatan pramuka dapat berjalan lancar. “Pesan saya yang keempat adalah mereka bisa saling tepa selira dan menunjukkan jiwa berbaginya, gotong royong. Karena pasti nanti semuanya akan dilakukan bersama-sama,” tegasnya.

Atikoh berharap dalam Rainas XII anggota pramuka Jawa Tengah bisa mengambil pelajaran penting di setiap kegiatan. Kegiatan pramuka, kata Atikoh, tak hanya bisa untuk meningkatkan nasionalisme juga soft skill yang bisa bermanfaat di masyarakat.

“Ini adalah cara yang luarbiasa, untuk menanamkan bagi adik-adik bagaimana mereka bisa meningkatkan nasionalisme, cinta terhadap bangsa dan negara dan tentu saja bisa bermanfaat untuk masyarakat karena di sini (Raimuna) nanti ada juga kegiatan-kegiatan bakti sosial,” ucap dia.

Sebagai informasi, Rainas XII akan berlangsung pada 14-21 Agustus 2023. Selama pelaksanaan kegiatan, para peserta akan mengikuti total 122 kegiatan yang terbagi dalam lima pilar kegiatan.

Rainas tahun ini akan dihadiri 21.000 pramuka penegak dan pandega yang merupakan kontingen dari setiap kwartir cabang se-Indonesia. Jawa Tengah menjadi Kwarda yang mengirimkan peserta terbanyak yakni 1.304 pramuka penegak dan pandega. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket Rp20.000, Begini Cara Membeli Tiket KA Bandara YIA

Jogja
| Minggu, 05 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement