Advertisement

Pilpres 2024, PAN Segera Tentukan Calon

Newswire
Selasa, 25 Juli 2023 - 23:07 WIB
Maya Herawati
Pilpres 2024, PAN Segera Tentukan Calon Ilustrasi Pemilu / Freepik

Advertisement

JAKARTAPartai Amanat Nasional (PAN) segera menentukan sikapnya dalam Pilpres 2024. Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, mengatakan partainya akan memutuskan pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang didukungnya pada Pilpres 2024 dalam beberapa pekan mendatang.

“PAN akan memutuskan paslon di pilpres dalam beberapa pekan mendatang. Secara resmi nanti akan diumumkan oleh ketua umum PAN, Bang Zulkifli Hasan [Ketua Umum PAN],” kata Viva kepada wartawan saat dihubungi di Jakarta, Selasa (25/7/2023).

Advertisement

Viva menuturkan PAN mempunyai dua prinsip dalam menentukan pasangan calon (paslon) bakal capres dan cawapres yang akan diusungnya pada Pilpres 2024. Pertama, kata dia, akan berkoalisi atau bekerja sama dengan partai koalisi pemerintah. Kedua, lanjut dia, akan mengusung paslon yang memiliki tingkat elektabilitas tinggi. “Atau adanya perpaduan paslon yang berpotensi dapat menambah basis konstituen sehingga akan menambah suara kemenangan,” ujarnya.

BACA JUGA: TPA Piyungan Ditutup, Pemulung Kebingungan, Sebagian Pulang Kampung

Meski pendaftaran paslon capres dan cawapres baru dibuka Oktober, Viva menyatakan PAN memberikan dukungan kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. “Mas Erick adalah calon yang diusung PAN dari hasil Rakernas PAN tahun 2020. Bagi PAN, Mas Erick adalah personifikasi dari PAN karena darahnya Mas Erick sudah biru,” katanya.

Menurut dia, Erick memiliki elektabilitas yang tinggi sebagai figur bakal cawapres, sebagaimana hasil survei teranyar lembaga survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis pada Minggu (23/7/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mau Keliling Jogja, Berikut Rute dan Jalur Bus Trans Jogja

Jogja
| Jum'at, 03 Mei 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement