Advertisement

Mahasiswa PPG Prajabatan UNNES Beri Pelatihan Penulisan Sejarah

Media Digital
Jum'at, 21 Juli 2023 - 11:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mahasiswa PPG Prajabatan UNNES Beri Pelatihan Penulisan Sejarah Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Program studi Pendidikan IPS Gelombang 2 Universitas Negeri Semarang (UNNES) melaksanakan Proyek Kepemimpinan - Ist

Advertisement

JOGJA—Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Program studi Pendidikan IPS Gelombang 2 Universitas Negeri Semarang (UNNES) melaksanakan Proyek Kepemimpinan dengan Tema “Penulisan Sejarah Desa Berbasis Infografis sebagai bentuk Penguatan Kesadaran Sejarah Muda Mudi Desa Sabrangan Kelurahan Plalangan Kecamatan Gunungpati”.

Unnes

Dalam rangka meningkatkan kesadaran sejarah bagi generasi muda, Widyaningsih Lestari salah seorang mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Program Studi Pendidikan IPS Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengajak muda mudi karangtaruna untuk membuat infografis sederhana terkait sejarah Desa Sabrangan dalam proyek kepemimpinan yang dilaksanakan pada Minggu, 9 Juli 2023.

Advertisement

Kota Semarang terkenal sebagai kota bersejarah dengan berbagai cerita sejarah di setiap sudut kotanya, begitupun desa Sabrangan yang memiliki cerita asal-usul desa yang erat kaitannya dengan masa penjajahan Belanda. Nama Sabrangan diperoleh dari kata “Nyabrang” yang artinya menyebrang. Maksud dari nama tersebut ialah pada zaman penjajahan Belanda, wilayah Sabrangan banyak dimasuki warga asing yang menyelamatkan diri dari pendudukan Belanda di Kota Semarang.

Baca juga: Kenali Manfaat Olahraga 2,5 jam di Akhir Pekan

Unnes

Hingga saat ini desa Sabrangan 40% terdiri dari warga pendatang, oleh karenanya tidak banyak yang mengetahui mengenai asal-usul dan sejarah Desa Sabrangan. Melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran sejarah bagi warga desa Sabrangan terutama muda mudi sebagai generasi muda penerus bangsa. Selama ini jika bercerita mengenai sejarah hanya diminati oleh kalangan yang sudah tua, maka dari itu perlu pengemasan yang menarik dan tepat dalam menyampaikan sejarah bagi kalangan muda-mudi. Salah satunya dikemas dengan infografis yang singkat, pada, jelas, mudah dipahami, dan menarik secara visual.

Unnes

Melalui proyek ini di datangkan narasumber warga asli Desa Sabrangan yang menguasai asal-usul dan sejarah Desa Sabrangan. Berdasarkan hasil penjelasan narasumber, peserta pelatihan yang terdiri dari remaja karangtaruna diberikan materi mengenai infografis kemudian dibimbing dalam menulis garis besar sejarah dalam bentuk infografis. Pada akhirnya hasil penulisan infografis sejarah dapat di design secara menarik dan dipublikasi pada social media ataupun dipajang pada sudut-sudut potensial yang dapat dengan mudah dibaca warga desa.

Unnes

Dengan perkembangan zaman sekarang harusnya pemuda akan sangat terbantu karena mempelajari sejarah bisa melalui banyak cara. Kesadaran sejarah mengajarkan kepada kita akan menghargai jasa orang-orang terdahulu. Salah satu pelajaran yang berperan vital dalam penanaman nilai-nilai karakter bagi generasi muda dalam upaya membangun ideologi dan rasa nasionalisme untuk pembangunan jati diri dan karakter bangsa adalah sejarah.

Sejarah mengajarkan bagaimana menyelesaikan masalah pada masa lalu, yang bisa dilakukan dimasa sekarang. Sejarah juga menjadi contoh ketika perjuangan para pahlawan yang luar biasa dalam membela bangsa Indonesia dalam melawan penjajah dan memperjuangkan kemerdekaan, hal ini bisa didapatkan oleh generasi muda jika mereka belajar sejarah. Kesadaran sejarah harus dipelajari dari sejak bangku sekolah, namun sekolah bukan satu-satunya tempat untuk belajar sejarah. Lingkungan adalah sumber belajar sejarah yang paling dekat, pengemasan yang tepat dalam menyampaikan sejarah bagi generasi milenial, akan mengundang ketertarikan mereka mempelajari sejarah, termasuk sejarah terkait budaya asli Indonesia. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Bawaslu Bantul Beri Perlindungan Kerja kepada Pengawas Pilkada

Bantul
| Jum'at, 25 Oktober 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement