Advertisement

EVSE Digelar di Jogja untuk Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik

Newswire
Rabu, 12 Juli 2023 - 09:07 WIB
Sunartono
EVSE Digelar di Jogja untuk Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik Kendaraan listrik / Ilustrasi freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebuah pameran bertajuk Electric Vehicle Standard Expo (EVSE) digelat di Jogja Expo Center (JEC), Banguntapan, Bantul pada Rabu (12/7/2023) hingga Jumat (14/7/2023). Event yang diselenggarakan Badan Standardisasi Nasional (BSN) ini untuk mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air.  

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama dan Layanan Informasi BSN Zul Amri menyatakan EVSE diselenggarakan sebagai bentuk dukungan BSN terhadap implementasi Perpres No. 55 Tahun 2019. Hal ini tentunya kampanye disesuaikan dengan tupoksi BSN di bidang pengembangan standardisasi di Indonesia.

Advertisement

BACA JUGA : Pakar UGM: Subsidi Kendaraan Listrik Lebih Tepat

BSN pernah melakukan kampanye serupa yaitu E-Bike Ride Tahun 2019 di Semarang Jawa Tengah, dan The 1st IEVE Tahun 2021 di Bandung Jawa Barat. EVSE 2023 diharapkan dapat semakin menguatkan keinginan masyarakat untuk mau beralih menggunakan kendaraan listrik.

“Dengan kampanye kendaraan listrik dan standardisasi, kami berharap, kegiatan EVSE dapat membantu menepis sebagian anggapan masyarakat bahwa kendaraan listrik tidak aman,” kata Zul dalam rilisnya.

BSN telah menetapkan 38 SNI terkait kendaraan listrik. Kebijakan ini untuk mendorong lembaga penilaian kesesuaian baik lembaga sertifikasi maupun pengujian serta industri kendaraan listrik menerapkan SNI.

BACA JUGA : Pemerintah Anggarkan Rp350 Miliar untuk Subsidi 

Hukan hanya dari sisi elektrifikasinya saja, namun produk komponen kendaraan seperti ban, velg kendaraan, kaca mobil dan sebagainya juga diharapkan bisa ber-SNI. Alasannya dengan produk semakin terjamin kualitas dan keamanannya. SNI akan membuat masyarakat semakin percaya dan merasa aman untuk menggunakan kendaraan listrik.

“EVSE tahun ini diselenggarakan bekerjasama dengan PT Fery Agung Corindotama (Feraco). EVSE dilaksanakan beriringan dengan kegiatan Government Procurement Forum and Expo yang juga dilaksanakan oleh PT. Feraco. Dua kegiatan yang dilaksanakan beriringan, diharapkan akan semakin menambah gebyar pelaksanaan dari EVSE,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wawan Harmawan Mengembalikan Formulir Pendaftaran Calon Wali Kota ke PDIP Jogja

Jogja
| Senin, 20 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement