Advertisement

Kaesang Siap Maju Pilwalkot Depok, PDIP Ingatkan Soal Kaderisasi Partai

Dany Saputra
Sabtu, 10 Juni 2023 - 18:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Kaesang Siap Maju Pilwalkot Depok, PDIP Ingatkan Soal Kaderisasi Partai Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi, memberikan klarifikasi soal kesiapan dirinya menjadi calon Walikota Depok, Jawa Barat. Dok. Youtube Kaesang Pangarep.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PDI Perjuangan angkat bicara soal kesiapan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, untuk maju sebagai calon Wali Kota Depok. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan bahwa siapapun yang ingin maju sebagai calon kepala daerah dari partai tersebut, harus melewati program kaderisasi. 

Advertisement

BACA JUGA: Siap jadi Calon Walikota Depok, Kaesang Pangarep: Dapat Restu dan Izin dari Keluarga

"Ya bagi PDI Perjuangan siapapun yang akan menjadi calon kepala daerah, termasuk misalnya Mas Kaesang dan sebelumnya Mas Gibran [putra sulung Jokowi], partai menerapkan mekanisme kaderisasi," jelasnya usai menemani Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meresmikan Kapal Rumah Sakit Apung Malahayati di Tanjung Priok, Sabtu (10/6/2023). 

Dia mencontohkan beberapa kader PDIP yang sebelumnya telah berhasil memenangkan pemilihan kepala daerah. Misalnya, mantan Wali Kota Surabaya yang kini menjadi Menteri Sosial Tri Rismaharini. 

Contoh lain yakni mantan Bupati Banyuwangi yang kini menjadi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Anas.

"Jadi melalui sekolah partai, Bu Risma menjadi pengajar sekolah partai, Pak Pramono Anung menjadi pengajar sekolah partai, Pak Anas Menteri PAN-RB, jadi semua dipersiapkan dengan sebaik-baiknya," jelas Hasto. 

Kendati demikian, Hasto tak mau terlalu banyak membahas soal Pilkada. Hal tersebut lantaran skala prioritas partai yang sudah ditetapkan, yakni untuk memenangkan kembali Pemilihan Legislatif 2024, serta kadernya Ganjar Pranowo untuk menjad Presiden ke-8. 

"Jadi skala prioritas kita saat ini adalah memenangkan Pileg dan Pilpres, baru bulan November kita berbicara tentang Pilkada. Sekiranya Mas Kaesang tertarik ya akan kita ikutkan dalam suatu proses pendidikan dan kaderisasi untuk mempersiapkan calon-calon pemimpin," tuturnya. 

BACA JUGA: BMKG: 9 wilayah di DIY Berstatus Waspada Kekeringan, Cek Lokasinya di Sini

Sebelumnya, anak ketiga Presiden Jokowi yakni Kaesang Pangarep mengonfirmasi soal kesiapan dirinya untuk menjadi calon Wali Kota Depok.

"Saya Kaesang Pangarep, saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya, insyaallah dengan ini saya siap untuk hadir menjadi Depok pertama," kata Kaesang dalam video di kanal YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat dikutip, Sabtu (10/6/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tekan Kasus Stunting, Remaja Putri di Sleman Diberi Edukasi

Sleman
| Selasa, 23 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement