Advertisement

Asal Usul Printer Infus, Berawal Dari Kreatifnya Orang Indonesia

Media Digital
Minggu, 07 Mei 2023 - 13:17 WIB
Jumali
Asal Usul Printer Infus, Berawal Dari Kreatifnya Orang Indonesia Ilustrasi - Ist

Advertisement

Asal Usul Printer Infus, Berawal Dari Kreatifnya Orang Indonesia 

Sebelum adanya printer ink tank, banyak orang di Indonesia yang memanfaatkan printer inkjet di rumah untuk menghemat tinta, salah satunya dengan memodifikasi menjadi printer infus.

Advertisement

Printer infus yang dimodifikasi ala Do It Yourself sebenarnya berasal dari printer inkjet, tujuannya supaya bisa menggunakan tinta lebih efisien. Caranya, mereka membuat sendiri wadah infus untuk menampung tinta dan menyuntikkannya ke dalam cartridge. Namun, meskipun trik ini bisa menghemat tinta, ada beberapa kekurangan yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah justru memperpendek usia cartridge karena tidak terkendali dengan baik proses penambahan tinta.

 

Perbedaan Printer Inkjet, Infus dan Ink Tank

  • Printer Inkjet: Merupakan jenis printer yang menggunakan teknologi tinta yang ditembakkan melalui nozzle untuk mencetak gambar dan teks pada kertas.
  • Printer Infus: Merupakan metode memasok tinta ke printer dengan memasukkan botol tinta ke dalam printer secara manual, sehingga menghemat biaya pembelian cartridge.
  • Printer Ink Tank: Merupakan jenis printer infus yang memiliki tabung tinta besar untuk memasok tinta pada cartridge, sehingga membuat tinta lebih hemat dan jarang harus diganti. Diproduksi secara resmi oleh produsen printer.
  • Cartridge: kotak tinta yang digunakan pada beberapa jenis printer.
  • Nozzle: berfungsi untuk menyemprotkan tinta dari tangki tinta ke kertas.
  • Print Head: bagian dari printer yang memindahkan tinta ke kertas saat mencetak.

 

Maksud Hati Ingin Menghemat Ongkos, Tapi…

Hati-hati, printer infus buatan sendiri yang tidak resmi dari produsen justru memperburuk usia nozzle dan cartridge karena biasanya terdapat tambahan bahan kimia yang tidak berkualitas yang dapat merusak nozzle dan cartridge. Bahan kimia ini dapat membuat nozzle tersumbat atau merusak kualitas tinta.

 

Selain itu, bahan kimia ini juga dapat membuat perangkat menjadi rusak lebih cepat, sehingga memperpendek usia pakai nozzle dan cartridge. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan tinta original dari produsen printer agar bisa memastikan kualitas dan keandalan printer.

 

Imbasnya, Cartridge Bisa Rusak dan Malah Boros

Kalau cartridge jadi sering rusak akibat pemakaian yang tidak sesuai dengan fungsi yang semestinya, atau karena menggunakan produk tidak resmi, maka hal tersebut bisa berdampak negatif. Dampak yang paling utama adalah memperpendek usia cartridge dan nozzle sehingga membuat kamu harus sering menggantinya, yang tentunya akan membuat pengeluaran menjadi lebih tinggi.

 

Selain itu, risiko kegagalan saat mencetak juga lebih besar. Dalam beberapa kasus, kerusakan pada nozzle bahkan dapat menyebabkan hasil cetakan tidak bagus dan tidak teratur. Oleh karena itu, selalu gunakan cartridge dan tinta yang resmi dan sesuai dengan merk dan tipe printermu untuk menjaga kualitas hasil cetakan dan memperpanjang usia printer.

 

Kalau kamu mau printer infus-mu tetap awet dan berkualitas, lebih baik pilih yang resmi dari pabrikan. Jangan pakai yang buatan sendiri karena kualitasnya belum tentu terjamin.

 

Alih-alih tetap memakai printer infus buatan sendiri, dengan memilih printer infus resmi, kamu bisa memastikan kualitas cetakan dan usia nozzle serta cartridge yang lebih lama. Pasalnya, tentu produsen printer sudah mengukur dan memproduksi mesin yang memang sudah terjamin fungsi dan keawetannya:

  • Nozzle lebih awet: Printer infus dari produsen asli tentunya menggunakan nozzle yang dirancang khusus untuk menjaga kualitas cetak dan memperpanjang masa pakainya.
  • Performa: Printer infus resmi memiliki performa yang lebih baik dan stabil dibandingkan dengan printer infus DIY buatan sendiri.
  • Garansi resmi: Printer infus resmi dilengkapi dengan garansi dari produsen, sehingga kamu bisa yakin bahwa produk yang kamu beli sudah memenuhi standar kualitas.

 

Nah, itu dia asal-usul bagaimana bisa muncul printer infus atau printer ink tank yang sekarang sudah bisa kamu lihat di pasaran. Dengan semakin terjangkaunya harga printer ink tank, tidak ada alasan lagi untuk tidak beralih ke printer infus resmi yang diproduksi oleh pabrikan dan menikmati hasil cetak berkualitas tinggi tanpa perlu khawatir soal biaya tinta. Kamu tetap bisa menghemat tinta seperti biasa. Pssst, bocoran tambahan, printer ink tank seri PIXMA dari Canon sudah dilengkapi dengan tangki tinta yang akan menutup ketika pengisian sudah terdeteksi penuh, lho. Proses refill pun jadi tidak akan berantakan karena tinta yang bocor ke mana-mana, deh.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penanggulangan Kemiskinan Optimalkan Kader Khusus, Pendampingan Warga Miskin Makin Intensif

Kulonprogo
| Kamis, 25 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement