Advertisement

Beredar Gambar Hoaks Ganjar Pranowo Peluk Miyabi

Media Digital
Selasa, 02 Mei 2023 - 15:57 WIB
Maya Herawati
Beredar Gambar Hoaks Ganjar Pranowo Peluk Miyabi Dunia maya geger setelan sebuah akun Facebook bernama Guntur mengunggah foto editan yang menampilkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sedang memeluk bintang film dewasa asal Jepang Maria Ozawa atau lebih dikenal dengan nama Miyabi. / ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dunia maya geger setelan sebuah akun Facebook bernama Guntur mengunggah foto editan yang menampilkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sedang memeluk bintang film dewasa asal Jepang Maria Ozawa atau lebih dikenal dengan nama Miyabi.

Sejak diunggah pada Senin (1/5/2023), unggahan tersebut telah mendapat 47 ribu lebih komentar, disukai sebanyak 20.000 dan dibagikan 342 kali.

Advertisement

Foto hasil rekayasa komputer tersebut diunggah pada grup publik INDONESIA BERSUARA, sambil menyertakan caption “Yg model begini mau di jadikan Presiden makin hancur indonesia”.

Tidak ada penjelasan lain maupun jawaban dari yang bersangkutan di kolom komentar. Tapi jika ditengok laman profilnya, semua unggahan yang bersangkutan berisi narasi yang menyerang Ganjar Pranowo. Beberapa postingan bahkan cenderung tidak senonoh.

Beragam komentar dilayangkan netizen untuk menanggapi postingan tersebut. Ada yang menyebut foto itu cuma editan dan bertujuan memfitnah Ganjar, ada yang menghubungkan bahwa pengunggah memiliki afiliasi sebagai pendukung salah satu bakal calon presiden, ada yang mendukung pihak berwajib segera melakukan turun tangan. Ada juga yang memberi dukungan moril kepada Ganjar Pranowo.

Akun @AlimKusman misalnya. Dia memberi komentar, “Kalo mau menang tunjukkan prestasimu jangan menjelek2an lawanmu. Itu sama dg abu lahab, sengkuni. Yg menjatuhkan lawan, dia akan kalah.” Komentar lain disampaikan oleh @KevinPatteipeilohy. Dia mengatakan “Pola nya masih sama kyk 2014 & 2019 tinggal tunggu menolak sholatin mayat aja nih...udah ketebak banget...mungkin udah jadi ciri khas para gembel politik.” 

Ada juga yang mengatakan bahwa itu merupakan fitnah, sebagaimana disampaikan akun @ErickLuwis, “Fitnah sudah mulai bertebaran. Awas ketangkep nanti nanges.

Sementara komentar lebih bijak disampaikan oleh akun @ServinaSagala, “Bersaing/bertarunglah secara sehat saudaraku,apa ngga takut sama Tuhan. Editanmu juga kelihatan banget, kau ambil dari manalah itu kepala pak Ganjar. Ingat saudaraku hukum karma masih ada.”

Dari sekian banyak komentar, sebagaimana dilontarkan oleh akun @ServinaSagala, sebagian besar netizen menganggap bahwa foto itu merupakan editan.

Sampai sekarang belum ada tanggapan apapun dari Ganjar Pranowo sebagai pihak yang diserang. Jika dilihat dari postingan akun media sosial personalnya, Ganjar justru mengunggah hasil kerjanya mulai dari pembangunan pemukiman sampai yang terbaru tentang kinerjanya di bidang pendidikan. Bahkan pada Selasa (2/5) pagi Ganjar sedang melakukan siaran livestreaming pelaksanaan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman kantornya di Jalan Pahlawan, Kota Semarang.

Namun beberapa waktu usai lari pagi di Gelora Bung Karno Jakarta, Ganjar Pranowo menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk menjaga kondusivitas pemilu 2024. Menurut Ganjar, semua calon yang akan bertarung pastinya punya gagasan dan ide masing-masing.

"Ingat, di antara kita semua adalah teman. Tidak perlu disama-samakan, tapi dipersatukan. Jadi saya titip betul mulai hari ini, mari kita jaga perilaku kita baik-baik. Jangan sakiti orang lain, jangan bully orang lain. Kita salurkan energi yang positif. Setuju!" kata Ganjar Pranowo. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement