Advertisement

Mudah, Ini Cara Cuci Boneka dengan Mesin Cuci di Rumah

Akhmad Ludiyanto
Senin, 01 Mei 2023 - 11:47 WIB
Jumali
Mudah, Ini Cara Cuci Boneka dengan Mesin Cuci di Rumah Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Saat akan mencuci boneka dengan mesin cuci di rumah kadang ada rasa ragu, apakah mesin cucinya mampu, atau apakah bonekanya tidak rusak, dan sebagainya.

BACA JUGA: Boneka Arwah Viral, Perempuan di Bantul Banjir Pesanan

Advertisement

Mencuci boneka memang bisa dilakukan sendiri di rumah. Jadi tak perlu mengeluarkan biaya untuk membawa boneka-boneka si kecil ke penatu. Asalkan kamu tahu cara mencuci boneka di mesin cuci, kebersihan boneka pun dapat terjaga.

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu tidak semua boneka bisa dicuci sendiri di rumah, baik dengan tangan atau mesin cuci. Kamu harus cek dulu bahan boneka itu.

Boneka yang berbahan wol, yang berisi butiran styrofoam, atau berkancing, tidak bisa dicuci sendiri. Begitu juga boneka yang sudah rapuh atau tua karena berisiko jadi rusak.

Selain itu, boneka yang berukuran besar juga tentu tidak muat dimasukkan ke dalam mesin cuci, jadi sebaiknya boneka seperti ini dicuci di penatu saja. Sementara boneka yang bisa dicuci di mesin cuci adalah yang empuk, seperti boneka kelinci, beruang, dan lain-lain.

Bila kamu berniat untuk mencuci boneka sendiri di rumah menggunakan mesin cuci, simak dulu beberapa cara mencuci boneka di mesin cuci yang aman berikut ini, seperti diulas Aquaelektronik.

Cek kondisi boneka

Pastikan boneka dalam kondisi baik. Misalnya, tidak ada bagian boneka yang sobek atau jahitan yang lepas. Jika ada bagian boneka yang sobek atau jahitannya lepas, hal ini bisa membuat boneka berisiko rusak jika dimasukkan ke dalam mesin cuci.

Pada boneka dengan kondisi seperti itu, sebaiknya perbaiki dulu jahitannya atau serat yang terlepas sehingga boneka dalam kondisi yang benar-benar aman saat dicuci.

Bungkus dengan kantong mesin cuci (laundry/washing bag)

Langkah ini dapat dilakukan pada boneka apa pun sebagai perlindungan ekstra. Alternatif lain dari kantong mesin cuci adalah sarung bantal yang sudah tidak dipakai.

Bungkus boneka dengan kain bekas

Langkah ini dapat dilakukan pada boneka yang bulu-bulunya terbuat dari benang atau sutera. Pembungkusan ini bertujuan melindungi tekstur boneka.

Tak lupa, jika boneka dilengkapi atribut atau aksesoris, sebaiknya dilepas dulu sebelum dicuci. Setelah pencucian selesai, kamu dapat melepas kain pembungkus dan menyikat boneka dengan sisir dalam kondisi basah untuk mengembalikannya ke bentuk semula.

Atur mode pencucian dengan mode lembut

Cara mencuci boneka di mesin cuci yang juga tak kalah penting adalah menggunakan deterjen cair yang berkualitas saat mencuci boneka dengan pengaturan mode lembut atau delicate (berlogo baju bayi) atau handwash (berlogo tangan). Gunakan air hangat atau air dingin dan jangan menggunakan air panas.

Setelah pencucian selesai, boneka tidak perlu dikeringkan di mesin pengering. Cukup tekan atau peras lembut boneka dan keringkan dengan handuk. Lalu, jemur boneka di bawah sinar matahari langsung sampai benar-benar kering.

Menjaga Boneka

Selain mencuci boneka secara berkala, kamu juga perlu melakukan cara-cara lain untuk menjaga boneka tetap bersih. Dengan melakukan dua tips ini, kamu tidak perlu mencuci boneka terlalu sering:

Simpan boneka di dalam lemari

Ada dua manfaat menyimpan boneka di dalam lemari. Pertama, mencegah boneka jadi tidak mudah berdebu. Kedua, meminimalisasi kemungkinan boneka disentuh oleh orang lain yang bisa saja tidak bersih.

Cuci tangan sebelum menyentuh boneka

Saat menyentuh boneka, ada risiko perpindahan kotoran dari tangan ke boneka. Oleh karena itu, selalu cuci tangan Anda setiap kali hendak menyentuh boneka untuk menekan risiko transfer kotoran ke boneka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perayaan Paskah 2024, Tim Jibom Polda DIY Melakukan Sterilisasi Sejumlah Gereja di Jogja

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement