Advertisement

Gelombang Panas, Asia Tenggara dan Selatan Seperti Mendidih

Sirojul Khafid
Selasa, 25 April 2023 - 20:07 WIB
Maya Herawati
Gelombang Panas, Asia Tenggara dan Selatan Seperti Mendidih Ilustrasi cuaca ekstrem / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Beberapa negara di Asia, khususnya bagian Tenggara dan Selatan mengalami cuaca  gelombang panas atau heatwave selama April 2023 ini.

Gelombang panas merupakan periode panas yang tidak umum atau lebih tinggi dari biasanya. Periodenya bisa dua hari sampai beberapa pekan. Di beberapa negara, gelombang panas ini telah memecahkan rekor sepanjang masa.

Advertisement

Sebagai contoh, di Bak, Thailand, suhu bisa mencapai 50,2 derajat celcius, yang merupakan tertinggi sepanjang masa di negara itu. Dalam beberapa studi, gelombang panas bisa terjadi tiga hingga sepuluh kali lebih sering menjelang pergantian abad. Negara tropis, sebagian besar di Asia, salah satu yang mendapat dampak paling banyak. Berikut ini daftar negara dan suhu tertingginya. 

Thailand

Akibat gelombang panas, beberapa hari di bulan April 2023 suhu bisa mencapai 50,2 derajat celcius. Daerah yang suhu panasnya tertinggi Bang Na, Bangkok. Kabut polusi semakin memperparah gelombang panas ini.

Gelombang panas di Thailand juga menyebabkan kebakaran semakin memperparah keadaan. Banyak warga terserang penyakit pernapasan.

India

Di India, akibat gelombang panas, rata-rata suhu mencapai 42 derajat celcius. Suhu tertinggi sekitar 44,2 derajat celcius di Negara Bagian Timur Odisha.

Dampak gelombang panas, sebanyak 13 orang meninggal di Negara Bagian Maharashtra, 50-60 warga dirawat di rumah sakit saat mendatangi acara Navi Mumbai di tengah terik matahari. Beberapa sekolah di Tripura dan Benggala Barat ditutup akibat gelombang panas.

Bangladesh

Suhu akibat gelombang panas mencapai 40 derajat celcius di Dhaka. Suhu ini terpanas sejak 58 tahun sebelumnya. Beberapa permukaan aspal sampai meleleh.

Laos

Gelombang panas di Laos memicu kenaikan suhu mencapai 42,7 derajat celcius di Luang Prabang.

Myanmar

Gelombang panas di Myanmar memicu kenaikan suhu mencapai 44 derajat celcius di Kalewa. Menjadi suhu tertinggi sepanjang April 2023.

China

Suhu tertinggi akibat gelombang panas mencapai 42,4 derajat celcius di Yuanyang. Sebanyak 12 provinsi di China mencatatkan rekor suhu terpanas pada April 2023.

Indonesia

Suhu tertinggi pada April 2023 mencapai 37,2 derajat celcius di Tangerang Selatan. Suhu ini masuk kategori cuaca panas dan bukan gelombang panas seperti di negara lain. (Dirangkum dari berbagai sumber)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement