Advertisement

Aktivitas Semeru Jadi Perhatian Angkutan Lebaran

MG Noviarizal Fernandez
Sabtu, 22 April 2023 - 14:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
Aktivitas Semeru Jadi Perhatian Angkutan Lebaran Gunung Semeru - wikipedia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Aktivitas Gunung Semeru di Jawa Timur menjadi atensi khusus lalu lintas udara selama arus mudik 2023.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Jumat (21/4/2023), ada pergerakan abu vulkanik Gunung Semeru di Jawa Timur. Adapun arah sebaran menuji ke sisi Selatan.

Advertisement

"Dengan adanya aktivitas Gunung Semeru di Jawa Timur, perlu penyampaian flight information secara real time dan pemantauan lalu lintas udara untuk menghindari ruang udara yang terkena abu vulkanik gunung berapi," ujar Deddy Cahyadi, Ketua Shift I Posko Harian Lebaran 2023 dalam laporan Sabtu (22/4/2023).

Selain atensi pergerakan abu vulkanik, posko juga memberi atensi pada kejadian mobil terseret arus Sungai Sipange, Desa Tapus Godang, Kecamatan Aek Bilah, Tapanuli Selatan, Sumatra Utara.

Kejadian itu menelan korban 10 orang di mana dua orang selamat, dan delapan orang laijnya tewas. Operasi pencarian dan pertolongan pun telah dihentikan oleh pihak Basarnas.

Sementara itu, pergerakan kendaraan umum, angkutan pribadi baik mobil maupun sepeda motor pada H-1 dan hari H, Lebaran terpantau menurun dibandingkan dengan kondisi normal. Pergerakan mobil dan sepeda motor keluar Jabodetabek melalui jalan arteri menurun signifikan dibandingkan dari kondisi normal.

Perinciannya, dalam kondisi normal, jumlah kendaraan yang masuk jalan arteri sebanyak 77.151 unit dan keluar sebanyak 76.507 unit. Sementara itu, pada H-1 dan hari H Lebaran kendaran yang masuk jalan arteri sebanyak 57.215 unit dan keluar 50.899 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement