Advertisement

Ganjar Beberkan Makna Peci dari Megawati

M Faisal Nur Ikhsan
Sabtu, 22 April 2023 - 12:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
Ganjar Beberkan Makna Peci dari Megawati Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyematkan peci kepada calon Presiden 2024 yang diajukan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG—Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo berterus terang soal makna khusus dari peci yang dikenakannya sejak diumumkan sebagai bakal capres PDIP hingga Salat Idulfitri di Solo bersama Presiden Joko Widodo.

Peci tersebut, menurut Ganjar, merupakan pemberian dari Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP.

Advertisement

"Beliau [Megawati] sampaikan ini adalah simbol dari Indonesia. Kalau orang kita sering mengartikan juga ada religiusitasnya. Ada juga [yang mengartikan] songkok ini sebagai ciri orang Indonesia, sehingga kulturalnya ada," kata Ganjar saat ditemui wartawan seusai salat Id di Masjid Raya Sheikh Zayed Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023).

Ganjar menambahkan kepribadian orang Indonesia terlihat dari kebudayaannya. Mulai sarung hingga peci pun menjadi bagian dari identitas yang juga mesti menjadi pengingat atas jati diri kebudayaan Indonesia.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo menunaikan ibadah salat Id di Masjid Raya Sheikh Zayed bersama Presiden Joko Widodo. Selain mengenakan peci hitam, Ganjar juga terlihat mengenakan sarung tenun berwarna merah, kemeja putih, serta jas abu-abu. Presiden Joko Widodo sendiri mengenakan pakaian dengan warna yang lebih gelap.

Usai melaksanakan ibadah, Ganjar dan Joko Widodo menyambut warga yang sudah menunggu di sekitar gerbang masjid. Keduanya tak sempat turun dari kendaraan. Namun demikian, Presiden Joko Widodo menyempatkan untuk membagikan hadiah berupa kaos kepada warga.

Sebagai informasi, Ganjar Pranowo diumumkan sebagai calon presiden pilihan PDIP di Istana Batu Tulis, Bogor. Megawati menyebut telah melakukan kontemplasi, melihat, memikirkan, serta berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum memilih Ganjar.

"Maka pada jam 13.45, dengan mengucapkan bismillah, menetapkan Saudara Ganjar Pranowo sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai Calon Presiden Republik Indonesia dari PDIP," ujar Megawati pada Jumat (21/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Antrean Panjang Warga Buang Sampah di Depo Mandala Krida Kota Jogja

Jogja
| Selasa, 21 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement