Advertisement

Aplikasi Ini Penting untuk Bekal Mudik Lebaran Anda, Cek Apa Saja

Newswire
Senin, 17 April 2023 - 05:00 WIB
Maya Herawati
Aplikasi Ini Penting untuk Bekal Mudik Lebaran Anda, Cek Apa Saja Ponsel pintar, aplikasi ponsel ilustrasi / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Idulfitri tinggal hitungan hari. Menjelang Hari Raya Idulfitri, masyarakat Indonesia disibukkan dengan agenda pulang ke kampung halaman alias mudik.

Setelah sempat dilarang karena pandemi Covid-19, kini tradisi mudik sudah bisa dilakukan dengan bebas oleh masyarakat Indonesia.

Advertisement

Di era teknologi yang makin canggih, mudik Lebaran yang bisa berjam-jam lamanya di perjalanan tak lagi terasa membosankan. Ada sederet aplikasi yang bisa dimanfaatkan melalui gawai sembari menikmati perjalanan mudik.

Berikut aplikasi penting yang bisa menemani mudik Lebaran:

  1. Aplikasi Travel

Aplikasi travel perjalanan seperti Traveloka, Tiket, Agoda, RedBus, hingga KAI Access wajib diunduh di ponsel. Terlebih apabila mudik menggunakan transportasi umum seperti bus, pesawat, dan kereta api. Aplikasi travel perjalanan menyediakan tiket untuk para pemudik.

  1. Aplikasi Navigasi

Jika mudik dilakukan dengan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil, aplikasi navigasi seperti Google Maps atau Waze wajib dimiliki. Selain untuk mencari rute tercepat menuju tempat tujuan, aplikasi navigasi juga berfungsi untuk mengecek kemacetan lalu lintas di jalur mudik.

  1. Aplikasi kesehatan

Aplikasi ini penting untuk berjaga-jaga jika terjadi suatu hal yang tidak diharapkan selama mudik. SatuSehat Mobile dan Halodoc bisa menjadi alternatif.

Aplikasi kesehatan bisa menyediakan telemedicine alias pengobatan jarak jauh berfungsi untuk mendapatkan layanan kesehatan apabila merasakan sakit di perjalanan.

  1. Aplikasi perbankan/dompet digital

Unduh aplikasi perbankan (mobile banking) sesuai rekening yang dimiliki. Aplikasi ini akan sangat berguna untuk membeli sesuatu dalam perjalanan mudik.

Aplikasi m-banking juga bisa dimanfaatkan untuk mengisi saldo kartu e-toll bagi pemudik dengan mobil. Namun begitu, tetap sedia uang tunai untuk berjaga-jaga, ya!

  1. Aplikasi hiburan

Untuk mencegah kebosanan dalam perjalanan, siapkan aplikasi hiburan di gawai Anda. Ada beragam aplikasi yang bisa diunduh, seperti YouTube, Spotify, Netflix, dan lain sebagainya.

 

Selain aplikasi tersebut, Anda juga bisa mengunduh game untuk dimainkan selama perjalanan agar mudik terasa tak membosankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Darurat Sampah Membayangi Bantul, Pemkab Bantul Tetap Optimistis Bersih Sampah 2025 Tercapai

Bantul
| Jum'at, 19 Juli 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement