Advertisement

Minimalisasi Macet, Kapolri Evaluasi Arus Lalu Lintas dengan Volume Tinggi

Lukman Nur Hakim
Jum'at, 07 April 2023 - 08:57 WIB
Sunartono
Minimalisasi Macet, Kapolri Evaluasi Arus Lalu Lintas dengan Volume Tinggi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan mantan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran memantau akksi demo BEM SI di Jakarta, Senin (11/4/2022). JIBI - Bisnis / Pernita Hestin

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo akan melakukan evaluasi sejumlah jalur dengan volume kepadatan tinggi untuk menetapkan rekayasan arus yang tepat guna meminimalisasi macet saat mudik Lebaran 2023.

Listyo menyebut kepolisian akan melakukan evaluasi saat situasi arus memiliki volume padat yang diduga berpotensi menimbulkan kemacetan dan kegiatan mudik menjadi tidak lancar.

Advertisement

“Nantinya terdapat juga skenario mulai dari ganjil genap sampai dengan contraflow, sampai dengan one way,” katanya di Mabes Polri, Kamis (6/4/2023).

BACA JUGA : Jelang Mudik Lebaran, Begini Kondisi Terminal Giwangan

Skema ini akan diterapkan mulai dari mulai dari Cikampek sampai Kalikakung. Lalu, pada arus sebaliknya dan kemudian jalur yang ada di Jawa Barat mengarah ke Jakarta dan Jakarta mengarah Jawa Barat.

Kepolisian republik Indonesia (Polri) akan melaksanakan operasi ketupat terkait pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023 mulai dari 18 April 2023 hingga 1 Mei 2023.

Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa operasi ketupat ini akan dilaksanakan terpusat dan seluruhn wilayah dari kepolisian. “[Operasi ketupat] mulai dari tanggal 18 (April) sampai dengan tanggal 1 Mei,” ujar Listyo.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho mengatakan bahwa nantinya sistem one way ini akan dilakukan pada tanggal 18 April di jalan tol dari kilometer (KM) 72 sampai KM 414.

“Kami pihak kepolisian akan memberlakukan sistem oneway pada tanggal 18 April mulai dari KM 72 hingga KM 414. Karena puncak arus mudik akan terjadi pada H-2 dan H-1,” kata Sandi dalam keteranganya dikutip, Senin (3/4/2023).

Sandi menyebut, hal serupa akan dilakukan pada saat arus balik mudik Lebaran 2023 untuk mengurai tingkat kemacetan. Kepolisian sudah menentukan titik-titik krusial yang berpotensi masalah saat terjadi lonjakan mudik Lebaran 2023.

BACA JUGA : Daftar Tol Fungsional Mudik Lebaran 2023 Gratis per 15 April: Ada Tol Jogja Solo

Dirinya membeberkan untuk di Jalur Tol Trans Jawa, jalur tol ke arah Jawa Tengah dimana Tol Cipali menjadi titik krusial baik arus mudik maupun arus balik.

Kemudian untuk rest area Sumatera dan Jawa. Menurutya untuk di jalur Sumatera ada di Indralaya-Palembang. Sementara untuk rest area jalur Jawa berada di Tol Cipali. "Sementara untuk di Pelabuhan Merak dari pengalaman tahun lalu, angkutan lebaran sempat terjadi kepadatan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sleman Kekurangan Ribuan Hewan Kurban, Butuh Pasokan Daerah Lain

Sleman
| Minggu, 19 Mei 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement