Advertisement

Menteri PUPR Dorong BUJT Kaji Pemberian Diskon Tarif Tol saat Lebaran

Afiffah Rahmah Nurdifa
Rabu, 05 April 2023 - 08:27 WIB
Sunartono
Menteri PUPR Dorong BUJT Kaji Pemberian Diskon Tarif Tol saat Lebaran Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo Seksi 1, Senin (27/2/2023). JIBI - Annasa Rizki Kamalina

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkap potensi pemberian diskon tarif tol pada periode mudik lebaran 2023. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendorong  badan usaha jalan tol (BUJT) untuk melakukan proses pengkajian terkait pemberian diskon tarif tol saat mudik Lebaran. Ia menegaskan Pemerintah tidak bisa menetapkan diskon karena hal itu berkaitan dengan kebutuhan investasi.

Advertisement

"Dari asosiasi belum, nanti kalau kita coba dorong supaya dia [BUJT] ngusulin. Biasanya mereka ngusulin, lagi dikaji oleh BUJT untuk bisa mengajukan, karena kami gak bisa netapkan nanti itu kan untuk memastikan kebutuhan investasi," kata Basuki kepada wartawan, Selasa (4/4/2023). 

BACA JUGA : Lewat Tol Jogja Solo Sampai YIA Bayar Berapa?

Di samping itu, Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja menjelaskan pemberian diskon tarif tol biasanya dilakukan BUJT ketika jalan tol dalam masa perbaikan. "Biasanya berhubungan dengan kalau ada perbaikan, itu mereka hitung dalu. Kalau ada perbaikan sehingga mengganggu atau kenyamanan itu BUJT nya langsung menyampaikan langsung ke beliau [Menteri Basuki]," ujarnya. 

Maka, pihaknya tak bisa mendorong lebih jauh untuk meminta BUJT memberikan diskon tarif. Sebab, hal tersebut merupakan sukarela ataupun ada hasil evaluasi dar pihaknya untuk memperbaiki sejumlah elemen pada ruas jalan. 

Menurutnya, BUJT akan berinisiatif untuk memberikan diskon tarif tol ketika kenyamanan dalam perjalanan berkurang. Endra menegaskan, diskon tarif tidak ada dalam perjanjian pengusahaan jalan tol, sehingga sifatnya sukarela. 

"Jadi, semata-mata ya karena itu ada penurunan level services jadi mereka memberikan kompensasi kepada pengguna. Tapi dari sisi regulasinya gak ada jadi kita gak bisa mendorong mereka untuk itu," tandasnya. 

BACA JUGA : Tol Jogja Solo Beroperasi Penuh Tahun Depan, Ini Tarifnya

Sebagai informasi, PUPR menyiapkan 11 ruas jalan tol sepanjang 220 kilometer yang akan dioperasikan secara fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik dan arus 2023. Pihaknya menargetkan opreasional 11 ruas tol tersebut dapat berfungsi pada 15 April 2023 mendatang atau sebelum cuti bersama pada 19-25 April 2023 dengan tarif nol rupiah atau gratis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Dampingi Pengusaha Muda, Inkonsistensi Menjadi Kendala

Jogja
| Selasa, 23 April 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement