Advertisement

Mengenal Gejala Batu Ginjal, Penyebab, dan Pencegahannya

Elsa Hayati Sukma
Jum'at, 31 Maret 2023 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Mengenal Gejala Batu Ginjal, Penyebab, dan Pencegahannya Ginjal sehat - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Batu ginjal atau nefrolitiasis merupakan penyakit yang terjadi di ginjal atau ureter. Penyakit ini terjadi akibat endapan mineral keras yang terbentuk di dalam ginjal.

Batu ginjal ini terjadi melalui ureter melewati saluran kemih hingga ke uretra. Kondisi tersebut menyebabkan rasa sakit yang luar biasa terutama jika batu tersebut berukuran besar.

Advertisement

Batu ginjal ini dapat terjadi oleh siapa namun, lebih sering terjadi oleh orang yang menderita diabetes dan obesitas. Penyebab terjadinya batu ginjal adalah terlalu sedikit minum air mineral, kurangnya olahraga, obesitas, operasi penurunan berat badan dan terlalu banyak makan-makanan yang mengandung garam atau gula.

Batu ginjal terbentuk akibat zat kimia seperti kalsium, asam oksalat dan fosfor dalam urine. Zat ini yang membentuk kristal yang keras seperti batu yang menumpuk di dalam ginjal. Batu ginjal umumnya berukuran kecil tidak menimbulkan gejala. Namun, jika sudah berukuran besar akan menyebabkan sakit pada pinggang dan membuat tubuh tidak nyaman.

Gejala batu ginjal dapat dirasakan oleh siapa saja. Batu ginjal mulai mengeluarkan rasa sakit yang luar biasa ketika menyebabkan iritasi atau penyumbatan. 

Karena itu, penting untuk mengetahui gejala batu yaitu:

1. Rasa sakit pada perut yang tak kunjung hilang

2. Keluar darah didalam urine

3. Rasa sakit terbakar saat mengeluarkan urine

4. Sakit parah pada kedua sisi pinggang

5. Mual dan muntah

6. Urine yang berbau

7. Demam dan menggigil

Untuk menghindari terjadi batu ginjal perlu adanya pencegahan pada diri sendiri

1. Minum Air yang Cukup

Minum lebih banyak air putih 2-3 liter sehari adalah cara terbaik untuk mencegah batu ginjal. Selain untuk menghindari terjadinya batu ginjal, minum banyak air memiliki manfaat bagi tubuh agar tetap terhidrasi.

2. Hindari Minum Manis

Hindari minum-minuman manis untuk mencegah terjadinya batu ginjal. Tidak hanya minuman manis saja tetapi kopi dan teh juga perlu dibatasi dalam mengkonsumsinya agar tubuh tidak ginjal dapat memproses minuman dengan baik.

3. Hindari Makanan Tinggi Garam

Makanan tinggi garam dapat membahayakan kesehatan tubuh salah satu nya ginjal. Terlalu banyak garam pada urin membuat kalsium diserap kembali dari uri menuju darah. hal ini menyebabkan kalsium pada urin tinggi dan menyebabkan batu ginjal.

4. Hindari Makanan Tinggi Kalsium

Makanan tinggi kalsium memang baik bagi tubuh, namun jika berlebihan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit salah satunya adalah batu ginjal. Untuk itu, lebih baik untuk menjaga pola makan yang baik dan secukupnya agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

5. Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung banyak fosfor dan kalium yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Fosfor dan kalium dalam minuman soda dapat menyebabkan aritmia jantung, dan kandungan kalsium dalam minuman bersoda menyebabkan batu ginjal.

Untuk melakukan pengobatan batu ginjal dapat dilakukan melalui konsultasi dokter serta melakukan perawatan pola hidup sehat di rumah untuk menghindari terjadinya batu ginjal kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ganjar Tidak Mendapat Undangan Penetapan Presiden dan Wapres Terpilih 2024 Hari Ini

Sleman
| Rabu, 24 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement