Advertisement

Tentang Asuransi Kesehatan Karyawan, Apa Pengertian dan Manfaatnya bagi Perusahaan?

Media Digital
Minggu, 26 Maret 2023 - 12:07 WIB
Bhekti Suryani
Tentang Asuransi Kesehatan Karyawan, Apa Pengertian dan Manfaatnya bagi Perusahaan? Ilustrasi asuransi. - orixinsurance.com

Advertisement

Sudah umum dipahami jika asuransi adalah produk keuangan yang berguna untuk melindungi nasabah selaku pihak tertanggung dari berbagai macam risiko yang mungkin terjadi. Produk keuangan ini pun memiliki beragam jenis dengan manfaat perlindungan yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satunya adalah asuransi kesehatan karyawan.

Layaknya memiliki asuransi umum lainnya, asuransi kesehatan karyawan adalah produk yang berguna untuk menjamin kesejahteraan karyawan. Produk tersebut pun disediakan oleh perusahaan dengan maksud dan tujuan tertentu.

Advertisement

Nah, jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu asuransi kesehatan karyawan, alasan perusahaan mengajukannya, hingga beragam manfaat yang diberikan, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Asuransi Kesehatan Karyawan

Asuransi kesehatan karyawan bisa dipahami sebagai program kompensasi yang diberikan perusahaan pada karyawannya di luar gaji yang dibayar secara reguler. Kompensasi non finansial tersebut diberikan secara langsung sekaligus menjadi bagian perjanjian kerja. Sesuai namanya, benefit yang bisa didapatkan dari program tersebut adalah proteksi berupa asuransi kesehatan.

Di Indonesia sendiri, setiap perusahaan wajib memberi benefit pada karyawannya berupa jaminan kesehatan serta kecelakaan kerja, termasuk jaminan kematian melalui BPJS Kesehatan. Di luar manfaat yang bersifat normatif tersebut, perusahaan berhak untuk memberi program benefit lain sesuai kebijakan yang berlaku. Dalam konteks asuransi kesehatan karyawan, perusahaan dapat sekadar memberi proteksi dari BPJS Kesehatan saja, ataupun melengkapinya dengan asuransi kesehatan swasta.

Alasan Perusahaan Menyediakan Asuransi Kesehatan Karyawan

Mengacu dari sebuah survei yang dilakukan di Amerika Serikat, diketahui jika 50 persen lebih karyawan di negara tersebut lebih tertarik pada perusahaan yang menawarkan employee benefit, termasuk asuransi kesehatan karyawan ini. Lebih dari itu, menurut survei, 60 persen lebih responden menyatakan jika program kompensasi dari perusahaan merupakan alasan penting yang membuatnya bertahan dan tetap bekerja pada sebuah perusahaan.

Berdasarkan informasi tersebut, bisa diketahui bahwa ada beragam alasan mengapa perusahaan menyediakan asuransi kesehatan karyawan ini kepada para pekerjanya. Selain mampu menarik minat pencari kerja, potensinya untuk bisa mendapatkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas juga menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, bagi perusahaan, menyediakan benefit seperti berupa asuransi kesehatan karyawan ini menjadi hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan.

Manfaat Asuransi Kesehatan Karyawan bagi Perusahaan

Saat menyediakan benefit berupa asuransi kesehatan karyawan, perusahaan tak seharusnya menganggap program tersebut sebagai beban finansial semata. Melainkan, program tersebut bisa menjadi investasi bisnis dalam jangka panjang. Tak hanya mampu memberi beragam keuntungan bagi karyawan, jenis asuransi ini juga mampu bermanfaat bagi perusahaan, antara lain:

  • Tingkatkan Komitmen dan Loyalitas Karyawan

Menyediakan benefit ini pada karyawan mampu meningkatkan komitmen serta loyalitasnya pada perusahaan. Terkait hal tersebut, manfaat tersebut mampu berdampak terhadap keinginan karyawan agar tetap bertahan di perusahaan sebab kebutuhan dasar hidupnya tercukupi. Dalam istilahnya, benefit tersebut secara tidak langsung memunculkan yang namanya continuance commitment pada karyawan terhadap perusahaan yang menaunginya.

  • Mendukung Retensi serta Tekan Turnover Intention Pegawai

Dengan tingginya continuance commitment atau komitmen untuk bertahan di sebuah perusahaan, tingkat retensi pekerja pada perusahaan juga menjadi semakin tinggi. Pun dengan keinginan untuk berhenti atau turnover intention dari karyawan yang mendapatkan benefit asuransi kesehatan dari perusahaan juga menjadi lebih rendah. Dalam kata lain, perusahaan memiliki kesempatan lebih besar untuk mampu mempertahankan sumber daya manusianya yang terbaik. 

  • Menekan Biaya Pengadaan Pegawai Baru

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, jika tingkat retensi dalam sebuah perusahaan tinggi, kemungkinannya untuk terus mencari karyawan baru akan menjadi lebih kecil. Alhasil, alokasi dana untuk melakukan pengadaan karyawan baru bisa ditekan dan tak terlalu memberi beban bagi kondisi finansialnya.

Dalam jangka panjang, hal tersebut bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan. Sebab, karyawan terbaiknya tetap bertahan, dan pengeluaran untuk biaya pengadaan pegawai baru atau recruitment bisa dimitigasi.

  • Dorong Produktivitas dan Kinerja Karyawan

Adanya asuransi kesehatan karyawan juga bisa menjadi bukti penghargaan dari perusahaan atas jasa dan kinerja yang telah dilakukan karyawan. Karena merasa dihargai, karyawan juga menjadi lebih terdorong untuk meningkatkan kinerjanya. Produktivitas perusahaan pun lebih optimal dan mampu meningkatkan geliat bisnisnya. 

  • Lebih Menarik di Mata Pencari Kerja

Keuntungan yang terakhir, perusahaan dengan benefit asuransi kesehatan karyawan juga mampu membuatnya lebih banyak dilirik oleh pencari kerja. Potensi untuk mendapatkan karyawan potensial maupun membuat talent pool untuk kelangsungan kinerja perusahaan pun juga menjadi lebih tinggi.

Jadikan Perusahaan Memiliki Value Lebih dengan Sediakan Asuransi Kesehatan Karyawan

Walaupun sekilas mungkin hanya terlihat memberi keuntungan bagi karyawan saja, tapi menyediakan asuransi kesehatan karyawan nyatanya mampu memberi value bagi perusahaan. Beberapa contohnya adalah meningkatkan loyalitas dan komitmen karyawan, menekan biaya recruitment, hingga mampu menggaet SDM yang lebih berkualitas. Jadi, guna meningkatkan value perusahaan dan kinerjanya secara umum, jangan remehkan manfaat asuransi kesehatan karyawan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Gempur Rokok Ilegal

Advertisement

alt

Pemkab Kulonprogo Kembangkan Konservasi Air Berkelanjutan di Tiga Kapanewon

Kulonprogo
| Sabtu, 22 Juni 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement