Advertisement

JNE Serahkan Kendaraan Perspustakaan Keliling untuk Rumah Baca Sang Petualang

Media Digital
Jum'at, 24 Maret 2023 - 11:57 WIB
Jumali
JNE Serahkan Kendaraan Perspustakaan Keliling untuk Rumah Baca Sang Petualang JNE Serahkan Kendaraan Perspustakaan Keliling untuk Rumah Baca Sang Petualang - Ist

Advertisement

JOGJA–Selasa, 21/3 JNE menyerahkan satu unit kendaraan roda tiga dan buku cerita untuk perpustakaan keliling Rumah Baca Sang Petualang. Serah terima kendaraan dalam rangka Corporate Social Responsibility (CSR) JNE ini dilaksanakan di JNE Wonogiri Jl. Diponegoro No. 24 Pokoh Wonoboyo Wonogiri. Penyerahan dilakukan oleh Agus Yunanto, Kepala Cabang JNE Solo didampingi Muhammad Narulloh, Kepala Cabang JNE Wonogiri dan disaksikan secara langsung oleh Drs. Sriyanto, M.M. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri.

Berawal dari keprihatinannya terhadap minat baca anak-anak di desa, Wahyudi tergerak untuk menjadi pegiat literasi. Tekadnya sangat besar untuk meningkatkan budaya membaca di tanah kelahirannya Kecamatan Giriwoyo sebuah daerah di Wonogiri bagian Selatan yang berbatasan dengan Kabupaten Pacitan.

Advertisement

Ditengah kesibukannya sebagai tenaga lepas yang merantau di Jakarta Ia mulai mengumpulkan buku dengan rutin menjadi penonton dalam acara talkshow Kick Andy demi mendapatkan buku secara gratis. Yudi sapaan akrabnya bahkan mengajak puluhan temannya untuk ikut menonton demi mendapatkan lebih banyak buku secara gratis dari acara tersebut.

“Selain menjadi penonton Kick Andy selama tahun 2014-2015 Saya juga menyisihkan sebagian penghasilan Saya untuk menambah koleksi buku” kenang Yudi. Hingga akhirnya Ia berhasil mendirikan taman bacaan bernama Rumah Baca Sang Petualang” pada Juli 2015.

Dalam kesempatan tersebut Agus Yunanto, Kepala Cabang JNE Solo menyampaikan bahwa kegiatan CSR JNE ini sesuai dengan filosofi founding father JNE, Alm. Bpk. H. Soeprapto Soeparno, bahwa JNE harus dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan negara Republik Indonesia dengan semangat Berbagi, Memberi, Menyantuni.

Kegiatan positif ini disambut baik oleh pemerintah daerah Wonogiri dalam hal ini diwakili Drs. Sriyanto, M.M. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Dalam sambutannya Sriyanto mengapresiasi keterlibatan JNE sebagai sektor swasta untuk turut meningkatkan literasi di Kabupaten Wonogiri. Pihaknya pun sangat mengetahui sepak terjang Rumah Baca Petualang karena Wahyudi juga merupakan Ketua Forum Taman Baca Masyarakat Kabupaten Wonogiri.

Salah satu programnya yang digagas bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri mulai besok bulan Ramadan adalah RBSP Jungmas singkatan dari Rumah Baca Sang Petualang Kunjung Masjid.
Setelah serah terima, Wahyudi dan para relawan Rumah Baca Sang Petualang yang turut hadir memancarkan raut bahagia.

“Kami tidak menyangka ternyata gerakan kecil kami dilirik oleh JNE yang memiliki kepedulian terhadap literasi di Indonesia, momen ini juga bertepatan dengan program RBSP Jungmas akan kami laksanakan untuk mengisi kegiatan positif anak-anak selama bulan Ramadan”

Selain dari pemerintah daerah dan penerima manfaat hadir pula salah satu pelanggan setia JNE Wonogiri yaitu Supriyanto. Supriyanto adalah owner dari Yosse Cinderamata yang beberapa jenis produknya berupa mainan edukasi dan mainan tradisional. Dalam kesempatan tersebut Supriyanto menyerahkan beberapa jenis produk untuk menunjang kegiatan Rumah Baca Sang Petualang.

“Saya berterimakasih karena toko kami dilibatkan dalam kegiatan sosial seperti ini sehingga mainan tradisional tetap dikenal anak-anak di era digital saat ini” ungkap Supriyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement