Advertisement

Simak! Jadwal dan Tata Cara Sidang Isbat Awal Ramadan 2023

Szalma Fatimarahma
Rabu, 22 Maret 2023 - 12:07 WIB
Sunartono
Simak! Jadwal dan Tata Cara Sidang Isbat Awal Ramadan 2023 Sesi pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1440H secara hisab oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama di Auditorium HM Rasjidi. - @Kemenag_RI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Direktorat Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Sidang Isbat (penetapan) Awal Ramadan 1444 Hijriah pada Rabu (22/3/2023). Berdasarkan informasi yang diperoleh JIBI/Bisnis, Sidang Isbat Awal Ramadan 1444 H akan dimulai pada pukul 18.15 WIB di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat. 

Sidang Isbat Awal Ramadan 1444 H akan diawali dengan seminar pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1444 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi oleh tim hisab rukyat Kemenag. Selain data hisab, penentuan awal puasa 2023 juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal di 124 titik lokasi di seluruh Indonesia.

Advertisement

BACA JUGA : Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan 1444 H

Rukyatul hilal adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal dengan mata telanjang atau dengan bantuan alat seperti teleskop pada saat matahari terbenam menjelang awal bulan Kamariah. 

Adapun, hasil Sidang Isbat nantinya akan diumumkan melalui telekonferensi pers yang akan disiarkan langsung oleh TVRI dan beberapa media resmi lainnya. 

Dalam pelaksanaan Sidang Isbat, selain tim rukyat hisab, Kemenag juga akan melibatkan sejumlah pihak terkait seperti Komisi VII DPR RI, Mahkamah Agung, pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), perwakilan organisasi masyarakat Islam. 

BACA JUGA : Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Puasa pada 22 Maret 

Kemudian, perwakilan organisasi masyarakat Islam, duta besar negara sahabat, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Badan Indormasi Geospasial (BIG).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement