Advertisement

Jokowi Puji Pesawat Baru TNI AU: Sangat Canggih

Akbar Evandio
Rabu, 08 Maret 2023 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jokowi Puji Pesawat Baru TNI AU: Sangat Canggih Jokowi Puji Kecanggihan Pesawat Baru TNI AU: C-130J Super Hercules A-1339. Presiden RI Joko Widodo melakukan penyiraman hidung pesawat TNI Angkatan Udara C-130J-30 Super Hercules A-1339 yang diserahterimakan di Pangkalan TNI AU (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (8/3/2023). (ANTARA - Gilang Galiartha)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo meninjau pesawat C-130J Super Hercules A-1339 di Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Rabu (8/3/2023). Menurutnya, pesawat ini akan sangat mendukung operasi militer dan kegiatan kemanusiaan.

"Yang kita terima pada hari ini pesawat yang sangat canggih. Tadi saya sudah masuk, sudah dijelaskan bisa mengangkut kalau pasukan yang pakai dengan parasut artinya penerjun itu bisa mengangkut 98 orang, tapi kalau hanya pasukan bukan penerjun bisa 128 pasukan dan bisa mengangkut 19,9 ton," katanya kepada wartawan di Lanud Halim, Rabu (8/3/2023).

Advertisement

Lebih lanjut, Kepala Negara juga berkesempatan mengecek langsung kecanggihan pesawat untuk TNI Angkatan Udara (AU) itu. Salah satunya adalah pesawat Super Hercules itu dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia dengan waktu terbang 11 jam.

"Artinya ini bagus untuk operasi militer maupun operasi nonmiliter. Bisa menjangkau seluruh wilayah di Indonesia karena pesawat Super Hercules ini bisa terbang 11 jam," tuturnya.

Baca juga: Isu Tanah Ramai di Medsos, PSI DIY Minta Warga Jogja Tetap Tenang dan Mengutamakan Dialog

Selain itu, Jokowi optimistis bahwa pesawat tersebut juga dapat membantu Negara apabila terjadinya bencana alam mengingat kemampuannya yang dapat mengudara hingga lebih dari 10 jam.

“Bencana alam juga bisa [terbantu], [karena pesawat ini] bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia karena pesawat Super Hercules ini bisa terbang 11 jam,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, Kepala Negara juga memastikan bahwa akan ada lima pesawat Super Hercules yang dipesan Indonesia. Adapun lima pesawat tersebut nantinya akan datang secara bertahap.

"Yang kita pesan ada lima, tadi Pak Menhan [Prabowo] menyampaikan hari ini datang satu, Juni tambah satu lagi, Juli tambah satu, Oktober tambah satu, Januari tambah satu. [Total] ada lima pesawat yang akan datang ke Negara kita setelah dipesan," pungkas Jokowi.

Kecanggihan pesawat C-130J Super Hercules A-1339 

Keunggulan C-130J Super Hercules Menjadi yang lebih anyar dari C-130 Hercules, C-130J-30 dinilai sangat andal dan terjangkau. Pesawat ini memiliki kopkit yang lebih canggih dengan sistem avionik-penerbangan-digital terintegrasi penuh dibandingkan dengan pesawat Hercules seri sebelumnya.

Kelebihan lain dari pesawat ini yakni memiliki kemampuan kapasitas kargo hingga 20 ton yang setara dengan 8 palet atau 97 tandu, 128 pasukan tempur, dan 92 pasukan terjun payung. C-130J-30 menambah 15 kaki ke badan pesawat, menambah ruang yang dapat digunakan (dua palet peralatan lagi) di kompartemen kargo. Lockheed Martin C-130J "Super" Hercules adalah pesawat angkut militer bermesin turboprop empat mesin.

C-130J adalah update komprehensif terhormat Lockheed C-130 Hercules, dengan mesin baru, dek penerbangan, dan sistem lainnya. Pesawat ini juga memiliki avionik digital, termasuk Head-Up Display (HUD) untuk setiap pilot. Keunggulan lainnya yakni Super Hercules mengurangi kebutuhan awak di mana minimal kebutuhan awak yakni tiga orang untuk mengoperasikan pesawat, termasuk dua pilot dan satu loadmaster. Super Hercules mampu lepas landas dan mendarat singkat dari landasan pacu yang tidak disiapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement