Advertisement

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

Arlina Laras
Senin, 06 Februari 2023 - 22:07 WIB
Budi Cahyana
Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan Mohammed Bin Salman - Givemesport

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pangeran Saudi Mohammed Bin Salman (MBS) menjadi sorotan dunia karena kebijakan eksekusi hukuman mati di Arab Saudi naik hampir dua kali lipat.  

Namun, terlepas dari pandangan politiknya yang sering kontroversial, pengeluaran belanja Mohammed Bin Salman juga tak kalah mencuri perhatian bagi banyak pihak. Dia sering bertemu dengan para pemimpin global, mulai dari pendiri Amazon seperti Jeff Bezos, bos Facebook Mark Zuckerburg ,dan pengusaha Michael Bloomberg.

Advertisement

Pemimpin Saudi juga bertemu para pemimpin global lainnya seperti mantan Presiden Donald Trump dan Presiden Rusia Vladmir Putin. Hal ini dirinya lakukan guna mempererat hubungannya dengan para pemimpin lain dan berbagai investasi industri. Lantas, apa saja daftar belanja aset mahal milik Pangeran Saudi Mohammed Bin Salman? Berikut ulasannya. 

1. Chateau Louis XIV

Pada tahun 2015, mansion Chateau Louis XIV di Louveciennes di  Prancis pernah dibeli dengan jumlah yang memecahkan rekor sebesar US$300 juta atau setara dengan Rp4,5 triliun oleh seorang pembeli misterius, yang kemudian terungkap sebagai Putra Mahkota Mohammed bin Salman. 

Menurut Insider, kala itu, mansion tersebut dijuluki sebagai 'rumah termahal di dunia' yang dilengkapi dengan sound system, lampu, dan AC yang semuanya dikendalikan oleh smartphone. Properti ini menawarkan gudang anggur, bioskop, dan parit dengan ruang bawah air transparan, dispenser tisu berlapis emas hingga kursi emas.

2. Superyacht "Serene"

Superyacht seluas 450 kaki yang bernama Serene ini dapat menampung hingga 24 tamu di 15 kabin dan mencakup beberapa kolam renang, hot tub, dua helipad, hanggar helikopter, gym, dan bioskop. 

Kabarnya, superyacht ini sempat disewakan kepada orang-orang seperti Bill Gates dengan harga beberapa juta per minggu, sebelum Mohammed Bin Salman melihatnya dan langsung menjadikan superyacht tersebut miliknya seharga US$500 juta atau setara dengan Rp7,5 triliun. 

3. Transportasi Mewah

Selain superyacht, sang pangeran juga memiliki beragam transportasi mewah. Pada awal 2023, Washington Examiner melaporkan bin Salman adalah pemilik/pengontrol Sky Prime Aviation, perusahaan pesawat swasta yang digunakan untuk membebaskan pembunuh jurnalis Washington Post Jamal Khashoggi dari Turki pada 2018. 

Koneksi tersebut mengonfirmasi keterlibatan bin Salman dalam pembunuhan tersebut. dan bukti akses sang pangeran ke hampir semua transportasi yang diinginkannya.

4. "Salvator Mundi" Oleh Leonardo Da Vinci

Pada tahun 2017, sebuah lukisan yang menggambarkan Kristus karya Leonardo da Vinci dilelang dengan harga US$450 juta atau setara dengan Rp6,8 triliun. 

Kala itu, belum ada yang tahu bahwa lukisan tersebut dibeli oleh sang Pangeran, tapi beberapa orang percaya lukisan terakhir da Vinci yang diketahui sekarang tergantung di superyacht sang pangeran.

5. Industri Hiburan

Menurut Kotaku, sebuah perusahaan pengembangan game elektronik menyebutkan bahwa Mohammed bin Salman, memiliki hampir 100 persen developer SNK Corporation, perusahaan perangkat keras dan perangkat lunak permainan video Jepang.

Sang pangeran memang telah lama tertarik dengan industri hiburan, tak heran jika dia sering bertemu dengan perusahaan AS seperti Google dan Facebook. Tidak hanya itu saja, pangeran Arab Saudi itu pun telah menghabiskan waktu bertahun-tahun berinvestasi dalam esports dan game seperti SNK, Activision Blizzard, dan Nexon guna memperluas kendali mereka atas berbagai industri global.

6. Klub Olahraga Profesional

Di bawah Dana Investasi Publik Saudi, bin Salman membeli Liga Premier, Klub Sepak Bola Newcastle United (sepak bola untuk yang ada di AS), menjadikannya klub terkuat secara finansial di Inggris. Menurut Marca, uang yang sang pangeran habiskan adalah untuk merebut top atlet seperti James Tarkowski dan Sergi Roberto. 

7. Pulau Pribadi

Seluruh keluarga dikenal untuk liburan mereka di pulau Maladewa serta perjalanan mewah lainnya. Berbagai resor dan spa menawarkan berbagai kegiatan seperti menyelam, selancar, ski air, dan banyak lagi kepada sang pangeran.

Tidak jarang sang pangeran mengundang puluhan teman dan rekannya untuk pesta akhir pekan yang penuh dengan hiburan mewah dan vila pribadi mereka sendiri. 

Pulau-pulau milik pribadi memungkinkan bin Salman dan keluarganya mencari relaksasi dan kesenangan jauh dari paparazzi dan entitas media lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah di DIY Menipis, PMI: Aktivitas Donor di Luar Belum Banyak

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement