Advertisement

Tol Jogja Solo Tahun Depan Sudah Dapat Dilintasi, Ini Progres Pembangunannya

Abdul Hamied Razak
Selasa, 24 Januari 2023 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Tol Jogja Solo Tahun Depan Sudah Dapat Dilintasi, Ini Progres Pembangunannya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Pekerjaan konstruksi pembangunan tol Jogja Solo untuk wilayah Jogja terus disiapkan dan segera dilakukan. Ditargetkan, ruas tol seksi 1 dari Solo ke Purwomartani (Jogja) bisa digunakan pada tahun 2024.

Corporate Communication PT Jogjasolo Marga Makmur selaku pengelola jalan tol Jogja-Solo Ahmad Izzi mengatakan untuk pekerjaan konstruksi jalan tol di wilayah DIY masuk dalam tahap persiapan. "Persiapan konstruksi sudah dilakukan untuk paket 1.2, tepatnya di daerah Purworatani, Kalasan," kata Izzi kepada Harianjogja.com, Selasa (24/1/2023).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Izzi menjelaskan, pekerjaan Tol Jogja Solo tahap 1 dilaksanakan sepanjang 49,25 kilometer. Proyek strategis nasional (PSN) itu dibagi dalam empat paket. Paket 1.1 (Kartasura - Klaten) sepanjang 22,300 KM, dan Paket 1.2 (Klaten - Purwomartani) sepanjang 20,075KM. "Keseluruhan pekerjaan tahap 1 sepanjang 49,25 KM tersebut kami jadwalkan akan selesai pada akhir triwulan 2 tahun 2024 atau Juni 2024," katanya.

Selanjutnya, kata Izzi, untuk Paket 2.1 (Purwomartani - Maguwoharjo) sepanjang 3,625 KM dan Paket 2.2 yang dimulai dari Trihanggo - Sleman Junction sepanjang 3,250 KM pembangunannya akan dilaksanakan akhir tahun ini. "Untuk pengerjaan fisik paket 2.1 dan paket 2.2 dijadwalkan akan mulai dilaksanakan pada Triwulan 4 tahun 2023 ini," kata Izzi.

BACA JUGA: Kilas Balik! Sederet Operasi Densus 88 di Sleman, Ada Terduga Teroris Ditangkap saat Bawa Sepiring Nasi

Disinggung progress pekerjaan konstruksi tol Jogja Solo hingga saat ini (cut off per 18 Januari 2023), Izzi menjelaskan baru mencapai 26,754%. Dia optimistis, pekerjaan konstruksi jalan tol Jogja Solo berjalan sesuai dengan target yang diinginkan oleh pemerintah.

"Dengan ditandatanganinya Perjanjian Kredit untuk Investasi Jalan Tol Jogja Solo oleh PT JMM dan Sindikasi Perbankan pada 23 Desember 2022 lalu, insyaAllah target penyelesaian tahap 1 pada Juni 2024 bisa diwujudkan," katanya.

Saat ini, proses pembebasan lahan jalan tol Jogja Solo yang belum selesai terus dilaksanakan. Untuk pembayaran uang ganti kerugian (UGK), katanya, prosesnya setiap hari berjalan. Kegiatan pembayaran UGK ini dimotori oleh PPK Pengadaan Tanah dari Direktorat Jenderal Bina Marga - KemenPUPR berkolaborasi dengan Kementerian ATR/ BPN, Kemnterian Keuangan RI (melalui Lembaga Manajemen Aset Negara/ LMAN) dan Pemda setempat.

"Kami di PT JMM selalu mensupport dan mendukung kolaborasi ketiga instansi pemerintah tersebut untuk kelancaran dan kecepatan ketersediaan lahan, sehingga kegiatan pembangunan jalan tol Jogja Solo bisa dilaksanakan sesuai jadwal yang direncanakan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ratusan Pasangan Usia Subur di Kota Jogja Ikuti KB Gratis

Jogja
| Kamis, 02 Februari 2023, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement