Advertisement

Jokowi Panggil Prabowo ke Istana, Bahas Reshuffle Kabinet?

Akbar Evandio
Jum'at, 06 Januari 2023 - 16:27 WIB
Bhekti Suryani
Jokowi Panggil Prabowo ke Istana, Bahas Reshuffle Kabinet? Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo bersilaturahmi di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (02/05/2022) / BPMI Setpres - Lukas.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke Istana Negara, pada hari ini, Jumat (6/1/2023). Prabowo menambah daftar sejumlah elite politik yang dipanggil presiden di tengah menguatnya isu reshuffle kabinet.

Kabar ini dibenarkan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Setpres Bey Machmudin melalui pesan teks kepada wartawan. Dia menyampaikan bahwa ada pertemuan terkait tugas Prabowo di pemerintahan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Berdasarkan informasi yang diterima, pertemuan Jokowi dengan Prabowo berlangsung mulai 09.30 WIB. Pertemuan digelar tertutup dan tak masuk agenda resmi kepresidenan yang diungkap ke publik.

“Tadi Menhan Pak Prabowo minta waktu kepada Bapak Presiden untuk menjelaskan tentang rapim (rapat pimpinan) Kemenhan pada 18 Januari mendatang. Pak Menhan juga mengundang dan mengharapkan kehadiran Bapak Presiden, jika belum ada agenda pada waktu yang sama,” tuturnya melalui pesan teks, Jumat (6/1/2023).

Menurut pantauan Bisnis-jaringan Harianjogja.com, pemanggilan Jokowi terhadap sejumlah pejabat publik mulai aktif dilakukan sejak akhir tahun 2022 yang sudah dilakukan beberapa kali.

Pertama dengan Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo pada Senin (26/12/2022), kemudian Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada hari yang sama, yaitu Senin (2/1/2023). Serta, pada Selasa (3/1/2023) Jokowi memanggil Plt Ketua Umum PPP Mardiono

Untuk diketahui, Jokowi menjalani sejumlah pertemuan dengan menteri Kabinet Indonesia Maju. Selain Prabowo, ada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati serta Wakil Menteri Hukum dan HAM Eddy Hiariej.

Sebelumnya Jokowi kembali memberi sinyal mengenai perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat.

"Besok. Bisa Jumat, bisa Senin, bisa Selasa, bisa Rabu, kata Jokowi singkat saat ditanya awak media soal isu reshuffle dalam keterangan pers di sela-sela meninjau kawasan produksi Minyak dan Gas Bumi (Migas) PT Pertamina Hulu Rokan Dumai di Kota Dumai, Riau yang ditayangkan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden, Kamis (5/1/2023).

Sementara itu, sinyal perombakan Kabinet Indonesia Maju pada 2023 ini bukan kali pertama disampaikan Presiden RI Ke-7 itu. Sebelumnya, orang nomor satu di Indonesia ini pun sempat mengimbau semua pihak agar menunggu kemungkinan reshuffle kabinet di sela-sela meninjau Pasar Tanah Abang Jakarta pada Senin (2/1/2023).

"Ya tunggu saja," kata Jokowi.

BACA JUGA: Resmi, Ze Valente Milik Persebaya

Sekadar informasi, Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024 sebelumnya sudah tiga kali mengalami perombakan oleh Presiden Jokowi.

Pertama, pada 23 Desember 2020, terdapat enam pejabat baru untuk pos Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Agama, Menteri Perdagangan, Menteri Kelautan dan Perikanan, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kedua, pada 28 April 2021 Jokowi melakukan reshuffle kedua Kabinet Indonesia Maju dengan melantik dua pejabat baru untuk Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Ketiga, reshuffle ketiga terjadi pada 15 Juni 2022 saat Jokowi melantik sejumlah pejabat baru untuk pos Menteri Perdagangan, Menteri Agraria dan Tata Ruang(ATR)/Kepala BPN, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Wakil Menteri Dalam Negeri, dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja-Solo Kamis 9 Februari 2023

Jogja
| Kamis, 09 Februari 2023, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement