Advertisement

Tidak Ada Kenaikan Tarif Tol dan Pembatasan Rest Area saat Nataru

Muhammad Ridwan
Senin, 19 Desember 2022 - 10:27 WIB
Jumali
Tidak Ada Kenaikan Tarif Tol dan Pembatasan Rest Area saat Nataru Pembangunan Jalan Tol Semarang / Demak / Kementerian PUPR

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAPT Jasa Marga Persero Tbk. (JSMR) memastikan tidak ada kenaikan tarif ruas tol selama periode libur natal dan tahun baru (nataru).

BACA JUGA: Tarif 12 Ruas Jalan Tol Naik Awal Tahun Ini

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Vice President Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol Aldrin Maulana menegaskan untuk Jalan Tol Trans Jawa masih akan diberlakukan tarif yang sama.

“Hingga akhir 2022 ini, belum ada ruas jalan tol yang mengalami penyesuaian tarif,” katanya kepada Bisnis-jaringan Harianjogja.com, Minggu (18/12/2022).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut ada 11 ruas jalan tol yang dijadwalkan untuk dilakukan penyesuaian tarif hingga akhir tahun mendatang.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Pantja Dharma Oetojo mengatakan pihaknya belum menerima adanya usulan terkait dengan kebijakan penundaan penyesuaian tarif tol. Tetapi, Kementerian PUPR akan mengikuti arah kebijakan mengacu pada dinamika di dalam negeri.

“Ada 11 rencana penyesuaian tarif tol sampai dengan akhir tahun,” ujarnya.

Sepanjang tahun ini sejumlah ruas jalan tol yang telah mengalami penyesuaian tarif di antaranya adalah Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, Jalan Tol Gempol-Pandaan, Jalan Tol Soreang-Pasir Koja, Jalan Tol Cikampek Palimanan, dan Jalan Tol Pondok Aren-Serpong.

Sementara itu, ruas-ruas yang telah dijadwalkan sejak tahun untuk penyesuaian tarif di antaranya adalah Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi, Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Tangerang-Merak,dan Jalan Tol Pandaan-Malang.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) juga tidak akan menerapkan pembatasan penggunaan rest area selama periode libur Natal dan tahun baru (Nataru).

Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT Jasamarga Related Business, Tita Paulina, mengatakan tidak ada pembatasan seperti yang diterapkan saat arus mudik Lebaran.

Namun, Jasa Marga akan tetap berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menutup rest area apabila nantinya rest area telah melebihi kapasitas.

“Saat ini tidak ada lagi pembayasan si rest area tapi kami tetap mengimbau untuk waktu beristirahat secukupnya di rest area dan untik meninggalkan rest area khususnya di jam puncak,” kata Tita dalam konferensi pers yang digelar pada Kamis (15/12/2022) di Bekasi, Jawa Barat.

Direktur Utama PT Jasamarga Tollroad Operator, Yoga Tri Anggoro, mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas.

Menurutnya, jika mengacu pada proyeksi jumlah lalu lintas yang keluar Jabodebek sebesar 2,73 juta kendaraan, maka antisipasi rekayasa lalu lintas contra flow telah dinilai cukup.

Namun, Yoga menjelaskan untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas Nataru, rekayasa lalu lintas yang disiapkan akan sama saat persiapan Mudik Idulfitri 2022.

“Kita melihat situasional juga yang kita siapkan berdasarkan analisa proyeksi lalin yang kita analisa kita siapkan atau prediksi kita mainkan contra flow, masih bisa mengantisipasi kepadatan, tapi kita prepare worst case, kita menyiapkan sama seperti Lebaran, meskipun kita prediksi lainnya tidak sampai Lebaran,” ujarnya.

Sebelumnya, Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Atika Dara Prahita, mengatakan pada periode Nataru tahun ini volume lalu lintas diprediksi mencapai 2,7 juta kendaraan.

Dia menjelaskan proyeksi itu mengacu pada tren volume lalu lintas pada masa normal sebelum periode Nataru dan pada masa Nataru 2019.

Dia memaparkan bahwa proyeksi 2,7 juta kendaraan yang akan keluar wilayah Jabodebek pada periode Nataru meningkat 2,6 persen jika dibandingkan dengan Nataru 2021, sedangkan jika dibandingkan dengan volume lali lintas normal meningkat 8,4 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pendapatan BPHTB Sleman 2022 Capai Rp239 Miliar

Sleman
| Sabtu, 04 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Kemegahan Desa Wisata Karangrejo Borobudur Menyimpan Kisah Menarik Bersama Ganjar

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement