Advertisement

Penyebab Harga Gas Eropa Anjlok

Asahi Asry Larasati
Senin, 12 Desember 2022 - 23:27 WIB
Bhekti Suryani
Penyebab Harga Gas Eropa Anjlok Matahari terbenam di balik sistem derek pelabuhan dan turbin angin di Hamburg, Jerman. Eropa kini menghadapi krisis energi yang membuat harga gas meroket - neweurope.eu

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Harga gas alam Eropa merosot sebanyak 9 persen dengan impor LNG melonjak dan output nuklir Prancis stabil, bahkan ketika kawasan itu berjuang melawan cuaca musim dingin. Bahkan, pengiriman bahan bakar ke Eropa barat laut juga mendekati rekor tertinggi sepanjang masa.

Dilansir dari Bloomberg pada Senin (12/12/2022), cuaca Arktik adalah ujian nyata pertama ketahanan Eropa memasuki musim ini karena menghadapi krisis energi bersejarah, dengan Rusia membatasi pasokan gas ke wilayah tersebut.

Advertisement

Harga gas cenderung lebih tinggi dalam beberapa pekan terakhir. Namun, sejauh ini belum ada dorongan liar, bahkan dengan pinggiran utara benua dalam pembekuan yang dalam dan salju yang menyelimuti London.

Impor LNG melonjak karena kawasan ini berusaha untuk menggantikan bahan bakar yang biasanya diperoleh dari Rusia. Terminal LNG terapung pertama Jerman akan tiba di pelabuhan Wilhelmshaven minggu ini, dengan aliran gas mulai 22 Desember.

Menurut data dari Infrastruktur Gas Eropa fasilitas penyimpanan Eropa sekitar 88 persen penuh, lebih tinggi dari biasanya sepanjang tahun ini, dan di Jerman ekonomi terbesar di kawasan ini levelnya 94 persen.

Analis Deutsche Bank mengatakan Jerman kemungkinan besar tidak akan menghadapi penjatahan gas tahun ini atau berikutnya, bahkan di tengah pasokan Rusia yang lebih rendah.

Dalam sebuah catatan pada hari Senin, kontrak diperkirakan rata-rata sedikit di atas €100 per megawatt-jam pada tahun 2023, "dengan musim dingin cuaca dan dampak China membuka kembali sumber utama ketidakpastian," lanjutnya.

Kontrak berjangka bulan depan Belanda dengan patokan Eropa turun 4 persen menjadi €133,55 per megawatt-jam pada pukul 11:03 di Amsterdam.

BACA JUGA: Viral Parkir Nuthuk: Panitia Pasar Malam Dekat Malioboro Bantah Kekurangan Lahan Parkir

Sebelumnya kontrak turun ke level terendah sejak 2 Desember. Setara Inggris turun 3,2 persen, bahkan saat permintaan gas melonjak, aliran masuk bahan bakar dari daratan Eropa dimulai minggu lalu melalui salah satu dari dua pipa interkoneksi, menambah pasokan LNG.

Faktor-faktor lain membantu menghilangkan tekanan pasar gas Eropa, termasuk peningkatan aliran pipa ke Italia dari Aljazair. Pembangkit tenaga angin di Jerman dan Inggris siap untuk naik mulai minggu depan setelah periode output rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement