Advertisement

Puan atau Ganjar Didorong Maju Capres, Siapa Maju Duluan?

Akbar Evandio
Rabu, 23 November 2022 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Puan atau Ganjar Didorong Maju Capres, Siapa Maju Duluan? Puan atau Ganjar Ramai Dukungan, Siapa yang Maju Duluan? Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan penandatanganan ikrar pada Upcara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2022). JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Nama Puan Maharani atau Ganjar Pranowo kembali disuarakan sejumlah pihak untuk didorong menjadi kontestan dalam Pilpres 2024 dari PDI Perjuangan.

Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan Muhamad Mardiono menyampaikan bahwa sebanyak 14 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP mengusulkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Mardiono mengaku bahwa usulan untuk mendorong Ganjar di kontestasi politik pada 2024 itu diberikan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP.

"Jadi ada beberapa wilayah, kalau tidak salah ada 14 wilayah mengusulkan DPP untuk bisa mencalonkan Pak Ganjar, itu permintaan wilayah-wilayah," katanya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Lebih lanjut, Mardiono mengatakan bahwa saat ini usulan itu sedang diproses oleh DPP PPP, di mana setelah dipelajari usulan tersebut akan dibawa ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Sekarang kami sedang berproses dalam pemilihan [capres]. Sekali lagi kami akan bawa ke KIB nanti, harapan saya ya kalau itu sama calonnya ya sudah menjadi keputusan nanti," ujarnya.

Meski begitu, Mardiono belum bisa memastikan apakah Ganjar nantinya berujung menjadi capres rekomendasi KIB, sebab dinilainya pemilihan capres harus ditentukan secara hati-hati.

BACA JUGA: Bocah 4 Tahun Korban Gempa Cianjur Selamat Setelah Tertimbun 3 Hari

Advertisement

"Saya belum bisa pastikan, berproses di parpol, dan kami harus berhati-hati, mencermati apa yang berkembang sekali lagi untuk bangsa dan negara tanggung jawab parpol sebagai kawah candra dinamika dan kita tawarkan ke rakyat ini loh calon dari KIB. Dan bukan mustahil akan ada KIB plus, ada partai-partai lain bergabung dengan KIB," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia juga sempat menyebut sempat bergidik lantaran terdapat 2 kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang digadang-gadang punya kans di pemilu presiden (pilpres) 2024.

“Aduh, hari ini Bapak Presiden, gemeter saya. Ada 2 soalnya, Mbak Puan dan Pak Ganjar. Namun, saya lihat Pak Ganjar dan Mbak Puan jalan berbarengan menjemput Mbak Puan. Insya Allah, mungkin kalau tidak salah satu mobil pak. Saya bilang, kemesraan ini janganlah cepat berlalu. Semuanya harus terjadi untuk rakyat bangsa dan negara, untuk kesejahteraan kita semua,” katanya, dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin (21/11/2022)

Advertisement

Meski begitu, Bahlil justru melontarkan pujian terhadap Ketua DPR Puan Maharani yang jadi kandidat calon presiden (capres) 2024 saat membuka acara Musyawarah Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Munas HIPMI) pada Senin (21/11).

Bahlil memuji karier politik Puan sebagai anak muda. Dia pun menyebut satu-satunya capres yang sudah mempunyai tiket partai untuk maju dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 hanyalah Puan.

"Cuma ada masalah ciri anak muda itu kan harus punya keberanian, kita tunggu kapan deklarasinya," katanya.

Tidak hanya itu, menurutnya, Puan merupakan tokoh perempuan yang mempunyai karir politik yang tidak perlu diragukan. Bahkan, dirinya menantang siapa yang bisa membantah ada tokoh wanita di Indonesia seusia sama Puan pernah berproses di DPR, pernah menjadi Menko PMK, Ketua DPR, dan punya partai.

Advertisement

"Aku mau tanya siapa? Dan satu-satunya capres yang hanya punya tiket capres, hanya Mbak Puan. Cuma ada masalah, ciri anak muda itu harus punya keberanian. Kita tunggu kapan deklarasinya. Ini ngeri-ngeri sedap," pungkas Bahlil.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini: Kecuali Bantul, Siang Ini Semua Wilayah Hujan

Jogja
| Senin, 05 Desember 2022, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement