Advertisement

Siaran di RSPD, Ikadi Klaten 12 Tahun Tebar Dakwah Lewat Radio

Media Digital
Kamis, 10 November 2022 - 11:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Siaran di RSPD, Ikadi Klaten 12 Tahun Tebar Dakwah Lewat Radio Ketua Ikadi Klaten Amin Mustofa. - Ist

Advertisement

KLATEN - Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Klaten bekerja sama dengan Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Klaten bermitra menebar dakwah keagamaan melalui gelombang radio. Melalui acara Pagi Beriman yang tayang siar tiap hari Jumat dan Sabtu pukul 05.30 WIB, semarak siar keagamaan itu mendapat sambutan hangat masyarakat.

Acara siar dakwah itu bedurasi 30 menit. Dai-dai terbaik menebar rahmat untuk sesama itu dimulai sejak 2013. Dai Ikadi yang siaran mulai Ustadz Ukik, Ustadz Muh Suryono, Ustadz Jepri sampai ketua Ikadi Klaten Ustadz Amin Mustofa.

Advertisement

Penyiar senior RSPD Klaten Dea Nadira saat dikonfirmasi (Selasa, 8/11/22) mengatakan dakwah kader Ikadi Klaten mendapat respon baik masyarakat. Dia menuturkan dari sisi bahasa dan tema yang diangkat dai Ikadi Klaten cukup mengena.

“Pendengar RSPD itu kebanyakan sudah lanjut, misalnya kalangan pensiun dan kalangan sepuh. Pendengar biasanya lebih suka penyampaian itu menggunakan bahasa jawa. Katanya bisa “dirasakake” [dinikmati],’’ kata penyiar RSPD yang tinggal di Ngaran, Polanharjo, Klaten itu, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (10/11/2022). 

Dea yang jebolan penyiar radio swasta terkenal dan bergabung di RSPD Klaten sejak 2013 itu menambahkan kalau kadang monitor juga memberikan pertanyaan balik bagi pendakwah yang digemari. Misalnya kata Dea ada pendengar yang menitipkan salam atau memberikan pertanyaan bagi pengisi acara Pagi Beriman.

“Respons pendengar itu biasanya berkirim pesan watshapp. Ada yang bertanya atau bertitip salam. Itu bentuk atensi pendengar” tambahnya.

Ketua Ikadi Klaten Amin Mustofa saat ditemui (Selasa, 8/11/22) mengatakan kemitraan Ikadi dengan RSPD Klaten sudah dibangun cukup lama. Bahkan pria yang juga menjabat Kepala Dinas Kominfo Klaten itu menceritakan sudah mengisi di radio plat merah itu sejak 2010.

“Saya sejak staf di pemda sudah biasa mengisi di RSPD sekitar 2010. Sekarang program kerja sama itu masih berlanjut. Selama ini baru diisi acara Jumat Beriman hari Jumat dan Sabtu. Ikadi merencanakan slot acara bisa bertambah hingga ahad. Nanti jadual akan kita susun kembali” pungkasnya.

Ikadi Klaten meneguhkan menjadi ormas perekat umat dan bangsa melalui dakwah islam  rahmatan lil alamin [kebaikan untuk seluruh alam] dalam bingkai NKRI.  Dengan kepemimpinan Amin Mustofa dengan masa bakti 2022-2027, Ikadi Klaten bertekad membangun kader muda dai dan menebar dakwah dengan senantiasa sejalan program kegiatan pemerintah daerah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement