Advertisement

Festival Balon Udara Kemuning Karanganyar Digelar 19 dan 20 November 2022

JIBI
Senin, 07 November 2022 - 12:27 WIB
Jumali
Festival Balon Udara Kemuning Karanganyar Digelar 19 dan 20 November 2022 Ribuan penonton menyaksikan festival balon udara di Lapangan Reco, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo, Minggu (8/5 - 2022). / ANTARA

Advertisement

Harianjogja.com, KARANGANYAR — Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar memastikan menggelar festival balon udara.

Kegiatan unik tersebut akan diadakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu (19-20/11/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA : Ribuan Orang Saksikan Festival Balon Udara

Untuk lokasi penerbangan balon udara tersebut ada dua lokasi pilihan, yakni Lapangan Desa Kemuning dan area pendaratan paralayang.

Salah satu panitia acara, Eko Wuryanto, mengatakan festival balon udara tersebut sedianya digelar Sabtu-Minggu (5-6/11/2022). Namun, karena pada hari tersebut ada acara besar komunitas trail di Kemuning, maka festival balon udara ditangguhkan menjadi 19-20 November.

“Tadinya mau diadakan Sabtu-Minggu [5-6/11/2022]. Tapi karena ada acara baksos trail, festival balon udaranya ditunda menjadi 19-20 November,” ujarnya, Senin (7/11/2022).

Ia menambahkan, rencananya ada sekitar 20 balon udara yang diterbangkan. Balon-balon udara ini juga yang digunakan pada acara serupa di Wonosobo, beberapa waktu lalu.

“Nanti ada sekitar 20 balon. Ini juga kami bekerja sama dengan penyelenggara acara festival balon udara yang di Wonosobo itu,” imbuhnya.

Advertisement

Mengenai lokasi penerbangan, hingga saat ini pihaknya belum menentukan salah satu dari dua lokasi alternatif, yaitu Lapangan Desa Kemuning dan area pendaratan paralayang. Pertimbangan utama penetapan lokasi adalah faktor cuaca. “Untuk lokasinya masih belum kami tetapkan antara Lapangan Desa Kemuning atau area landing paralayang. Sebab kami mempertimbangan cuaca,” imbuh Eko.

Sebelumnya, Pemerintah Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, menyiapkan berbagai acara menarik untuk merayakan HUT ke-55 desa tersebut pada 2022 ini. Di antaranya ada sepeda gembira, porseni desa, sepak bola putra dan putri, penebaran bibit ikan, serta penghijauan. Ada pula lomba memancing, gantangan burung, festival teh, dan festival sambel tumpang.

Selain itu, akan ada bazar jajanan tradisional, dan pertunjukan barongsai. Dalam rangkaian acara tersebut juga akan ada karnaval budaya yang di antaranya dimeriahkan kirab tumpeng/hasil bumi.

Advertisement

Kepala Desa (Kades) Kemuning, Widadi Nur Widyoko, mengatakan rangkaian acara dimulai sejak Juli hingga November nanti.

“Ada sedikit kegiatan yang sudah berjalan sejak Juli. Tapi sebagian lainnya masih Agustus nanti sampai November dan masih kami persiapkan. Kalau sudah fix, nanti kami sampaikan informasi dan jadwal-jadwalnya kepada masyarakat,” ujarnya, Jumat (29/7/2022).

Bahkan, untuk memeriahkan HUT desa yang bertepatan dengan tanggal 19 November ini, pemdes juga tengah mematangkan penyelenggaraan festival balon udara seperti yang diadakan di Kabupaten Wonosobo beberapa waktu lalu.

“Rencananya begitu. Tapi kami baru ketemu dengan tim balon udara dari Wonosobo akhir pekan ini. Mereka akan memberikan paparan tentang penyelenggaraan festival balon udara. Sehingga sekarang kami juga masih menunggu pembicaraan dengan mereka,” ujar Kades yang akrab disapa Yoko ini.

Advertisement

Pada sisi lain, event-event tersebut diharapkan bisa mendatangkan pengunjung ke desa yang kaya akan destinasi wisata tersebut. Sehingga perekonomian masyarakat yang sebagian bergantung pada sektor tersebut dapat meningkat.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

P3K Nakes di Pemkot Jogja Mulai Diseleksi

Jogja
| Jum'at, 09 Desember 2022, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Liburan di DIY saat Akhir Tahun? Fam Trip di Lokasi-Lokasi Ini Layak Dicoba

Wisata
| Jum'at, 09 Desember 2022, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement