Advertisement

Mental Verse Mengajak 50+ Pemuda Berkontribusi dalam Kesehatan Mental

Media Digital
Rabu, 02 November 2022 - 15:17 WIB
Jumali
Mental Verse Mengajak 50+ Pemuda Berkontribusi dalam Kesehatan Mental Mental Verse Mengajak 50 Pemuda Berkontribusi dalam Kesehatan Mental - Ist

Advertisement

Masyarakat Indonesia masih sering mengabaikan kasus-kasus yang berkaitan dengan kesehatan mental. Hal ini didasari oleh minimnya akses menuju edukasi mengenai pentingnya kesehatan mental, yang seharusnya sudah dipelajari sejak bangku sekolah.

Tak hanya itu, stigma negatif yang beredar di masyarakat pun menjadi momok mengerikan ketika seseorang telah berhadapan dengan masalah kesehatan mental. Menghadapi permasalahan itu, AIESEC in UPN “Veteran” Yogyakarta melaksanakan kegiatan yaitu Local Project 5.0: Mental Verse. Local Project sendiri adalah kegiatan social project selama 4 minggu, yang berfokus pada salah satu dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Local Project 5.0 sendiri mengangkat Tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 3, yaitu mengenai Kehidupan yang Sehat dan Sejahtera, serta mengambil poin nomor 3.4 yaitu Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Kesehatan Mental.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Pada 8 Agustus - 5 September 2022 lalu, Local Project 5.0 telah berhasil mengajak 53 pemuda untuk ikut berkontribusi dalam mengkampanyekan kesehatan mental. Acara diawali dengan welcoming party pada 8 Agustus 2022 dan para peserta dikenalkan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan isu-isu sosial kesehatan mental. Lalu pada minggu kedua, para peserta fokus mempelajari penyakit dan bahaya self diagnose. Dengan adanya sesi FGD, para peserta juga bebas mengekspresikan opini mereka mengenai kejadian riil di masyarakat.

Minggu ketiga diawali dengan pemahaman mengenai self value dan di minggu terakhir para peserta berkesempatan untuk mempresentasikan hasil pembelajaran mereka di depan siswa- siswa SMA di Yogyakarta. Adanya school roadshow dan online campaign menjadi bentuk kontribusi peserta Local Project 5.0 kepada masyarakat mengenai edukasi kesehatan mental.

Local Project 5.0 menghadirkan pembicara berpengalaman di bidang kesehatan mental, seperti Dinas Kesehatan DIY, Mental Healing ID, Mudah Bergaul, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, Local Project 5.0 bekerja sama dengan beberapa komunitas kesehatan mental, seperti Seribu Tujuan, Psylution, Mengenal Diri, dan lain - lain. Setelah kegiatan ini, diharapkan para peserta mendapat pemahaman lebih dan ikut mendukung 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan mental.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Jelang Nataru, Harga Kebutuhan Pokok di Sleman Merangkak Naik

Sleman
| Senin, 05 Desember 2022, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement