Advertisement

1001 Kain Ecoprint dari 28 Provinsi Siap Dikibarkan di Borobudur

Media Digital
Sabtu, 29 Oktober 2022 - 09:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
1001 Kain Ecoprint dari 28 Provinsi Siap Dikibarkan di Borobudur Kain ecoprint. - Ist

Advertisement

JOGJA-Event ini adalah salah satu program kerja tahun ke-2 dari Asosiasi Eco-Printer Indonesia (AEPI), yaitu pelaksanaan The Borobudur International Ecoprint Flag 2022. Acara ini terinspirasi dari acara Untaian Ecoprint Indonesia (UEI) dan masih dalam salah satu rangkaian dari acara UEI yang diselenggarakan pada tahun 2020.

Dalam acara ini akan diselenggarakan beberapa agenda yaitu pengibaran 1001 kain ecoprint yang telah dikumpulkan dari 28 provinsi, tidak hanya dari Indonesia namun juga dari manca negara. Dari Indonesia terdapat bendera ecoprint yang dibuat oleh para anggota AEPI dan juga non AEPI. Sedangkan dari manca negara terdiri dari negara Australia, Amerika, India, Jerman, Inggris dan negara lainnya.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Selain itu dalam acara The Borobudur International Ecoprint Flag 20222 juga akan dilaksanakan salah satu program untuk mendukung program Kebaya Goes to Unesco dimana para peserta dan panitia akan mengenakan kebaya bagi peserta putri dan mengenakan pakaian adat bagi yang putra. Namun uniknya semua ini harus berbahan utama ecoprint.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan ngecobar, mengeco ecoprint bersama yang saat ini akan menghadirkan sebuah tehnik ecoprint dengan kombinasi mordant dari Ibu Penny Jewell, seorang ecoprinter dari Perth, Western Australia dan juga Masrur dari brand Arae, seorang ecoprinter dari Bogor, Indonesia. Tehnik ini akan dilakukan secara bersama-sama yang nantinya hasil dari ecoprint dari Penny dan Masrur akan dilelangkan dalam acara di The Borobudur International Ecoprint Flag 2022.

Agenda selanjutnya yaitu talk show yang akan menghadirkan pembicara Penny Jewell dan juga Ketua AEPI Puthut Ardianto yang akan membahas terkait dengan prinsip seorang ecoprinter. Dalam talk show ini akan dipandu oleh MC, Tulus Angga.

Setelah talk show berlangsung, acara selanjutnya yaitu lelang hasil ecoprint oleh Ibu Penny Jewell dan Masrur yang nantinya hasil dari lelang akan disumbangkan ke panti asuhan putri Muhammadiah di kabupaten Magelang.

Bustanul Arifin, Ketua Panitia Pelaksana The Borobudur International Ecoprint Flag 2022 menyampaikan bahwa tujuan diadakannya acara ini salah satunya adalah untuk menjadi ajang silaturahmi bagi para ecoprinter baik itu angota AEPI maupun non AEPI yang mana saat ini telah terkumpul kurang lebih 234 jumlah peserta yang ikut dalam acara pada pagi hari ini.

Ketua AEPI, Puthut Ardianto menambahkan bahwasanya saat ini anggota AEPI itu sendiri berjumlah 1378 yang tersebar di 9 wilayah antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumatera, Kalimantan dan Kawasan Timur Indonesia.

Advertisement

Dengan adanya jumlah anggota yang sekian banyak dalam usia 2 tahun, AEPI memiliki salah satu tujuan selain untuk menggaungkan semangat slow fashion namun juga ingin menggaungkan prinsip bahwasanya seorang ecoprinter tidak hanya sekedar mengambil sumber daya alam sekitar, tetapi juga ikut melestarikannya dengan cara penanaman bersama. Dan pada hari ini juga akan dilasanakan penanaman pohon-pohon ecoprint di kawasan Borobudur.

Diharapkan event ini berdampak positif, baik bagi para ecoprinter sebagai pelaku usaha dan juga geliat pariwisata di kawasasn candi Borobudur pasca pandemi.*

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Erina Gelar Prosesi Siraman, Warga Nobar di Gedung Serbaguna

Sleman
| Jum'at, 09 Desember 2022, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Liburan di DIY saat Akhir Tahun? Fam Trip di Lokasi-Lokasi Ini Layak Dicoba

Wisata
| Jum'at, 09 Desember 2022, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement