Advertisement

6 Negara Penghasil Keju Terbesar di Dunia, AS Nomor Satu

Hana Fathina
Senin, 19 September 2022 - 22:27 WIB
Bhekti Suryani
6 Negara Penghasil Keju Terbesar di Dunia, AS Nomor Satu Negara penghasil keju

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Negara penghasil keju terbesar di dunia adalah Amerika Serikat. Negara produksi keju terbesar itu merupakan penyuplai keju-keju yang ada di dunia. Keju adalah salah satu makanan bergizi yang terbuat dari susu yang digumpalkan. Selain itu, bahan pembuatan keju juga bisa dari susu kerbau, rusa kutub, unta serta yak. 

Keju sudah ditemukan sekitar 4000 tahun yang lalu, dimana orang-orang yang sudah membiakkan hewan serta mengolah susunya. Beberapa jenis keju yang terkenal itu ada keju cheddar, parmesan, mozzarella, gouda dan masih banyak lagi. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Berikut ini adalah negara penghasil keju terbesar di dunia yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Amerika Serikat (AS)

Amerika Serikat adalah produsen keju terbesar di dunia dengan produksi sekitar 5.584.857 ton per tahun. Sebagian besar keju Amerika modern dianggap sebagai jenis keju olahan , seperti keju cheddar. Dilansir dari laman farandwide, sekitar ¼ dari jumlah total produksi keju di AS berasal dari wilayah California, Wisconsin serta Idaho. 

2. Jerman

Jerman menjadi negara produksi keju kedua setelah Amerika Serikat. Jerman mampu memproduksi keju sebanyak 2.740.582 ton per tahun. Dengan sekitar 33.122 kg produksi keju per orangnya. 

Jerman juga mengekspor sekitar setengah dari total produksi kejunya. Sebagian besar keju Jerman diproduksi di negara bagian Bavaria. Negara bagian itu mampu menghasilkan 600 jenis keju. Mulai dari keju terkenal seperti keju muenster dan allgauer Emmentaler hingga quark (produksi susu kental). 

3. Belanda

Belanda mampu memproduksi keju sebanyak 771.941 per tahun. Sejarah pembuatan keju di Belanda telah ada lebih dari 1.600 tahun yang lalu. Maka tidak heran jika Belanda menjadi salah satu negara pengekspor keju terbesar di dunia. 

Salah satu jenis keju yang banyak di produksi di Belanda adalah keju gouda.  Keju gouda menyumbang sekitar 50 persen dari produksi keju Belanda. Sejarawan keju berteori bahwa Gouda berasal dari akhir abad ke-12, menjadikannya salah satu keju tertua di dunia yang masih di produksi. 

4. Rusia

Rusia bisa memproduksi keju sebanyak 664.000 ton per tahunnya. Salah satu keju paling popular di Rusia adalah keju rossiysky, karena harganya terjangkau dan banyak tersedia. Selain itu, ada keju kostromskoy yang dibuat sekitar 150 tahun yang lalu. Bentuknya mirip seperti keju belanda, tapi dengan harga yang lebih terjangkau. 

Advertisement

5. Mesir

Mesir bisa memproduksi keju sebanyak 628.750 ton per tahun. Mesir dikenal telah memproduksi jenis keju tradisional. Mesir terkenal dengan keju putihnya. Keju kareish merupakan salah satu keju putih Mesir kuno yang dihilangkan lemaknya dan bertekstur lembut.

Gaber El-Baradei dari Universitas Alexandria dalam jurnalnya tahun 2016, menuliskan keju ini menjadi salah satu keju laktat segar, paling popular yang paling banyak dikonsumsi di daerah pedesaan dan perkotaan di Mesir. Keju Domati adalah keju putih lembut yang paling popular di Mesir. Keju di Mesir biasanya dibuat dari susu kerbau dan sapi atau campuran keduanya. 

6. Argentina

Argentina bisa memproduksi sekitar 558.907 ton keju setiap tahunnya. Keju merupakan salah satu bagian besar dari makanan Argentina, dengan lebih dari 90 persen keju dikonsumsi di dalam negri ini. 

Advertisement

Keju lunak seperti cremoso, saint paulin dan mozzarella adalah keju yang menguasai setengah pasar. Banyak keju khas Argentina yang berasal dari pengaruh Italia. Faktanya, keju reggianito asal Argentina ditemukan oleh imigran Italia. 

Itulah negara penghasil keju terbesar di dunia, semoga bermanfaat untuk Anda.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Ada 6.019 Penyandang Disabilitas di Gunungkidul, Bupati Beri Janji kepada Mereka

Jogja
| Jum'at, 09 Desember 2022, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Ikut Genjot Kualitas SDM Desa Wisata, Ini yang Dilakukan oleh BCA

Wisata
| Kamis, 08 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement