Advertisement

Pemakaman Ratu Elizabeth Digelar Senin, 19 September 2022

Farid Firdaus
Minggu, 11 September 2022 - 06:47 WIB
Sirojul Khafid
Pemakaman Ratu Elizabeth Digelar Senin, 19 September 2022 Ratu Elizabeth II - Royal.co.uk

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Perwakilan Istana Buckingham menyatakan pemakaman Ratu Elizabeth II akan digelar Senin, 19 September 2022.

Mengutip The Guardian, Minggu (11/9/2022), acara pemakaman tersebut akan diadakan di akhir masa berkabung resmi selama 10 hari, setelah wafatnya Ratu Elizabeth di usia 96 tahun diumumkan pada Kamis (8/9/2022). Pemakaman akan diadakan pada jam 11 pagi di Westminster Abbey.

Sementara itu, putra tertua Ratu Elizabeth, yakni Charles secara resmi dinyatakan sebagai Raja pada Sabtu (10/9/2022) waktu setempat, dan memerintahkan agar hari pemakaman ibunya menjadi hari libur bank.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Raja Charles III mengonfirmasi hari libur umum selama pertemuan pertamanya dengan dewan rahasia di Istana St James, yang pertama dalam sejarah yang disiarkan televisi.

Adapun peemakaman Ratu akan menjadi pemakaman kenegaraan pertama yang diadakan sejak perdana menteri pertamanya, Sir Winston Churchill, pada tahun 1965.

BACA JUGA: Raja Charles III Andalkan Camilla Pimpin Kerajaan Inggris

Meskipun ayahnya, George VI, memilih Kapel St George di Kastil Windsor untuk pelayanannya, jenazah putrinya akan dibawa ke Westminster Abbey, di mana dia menikah dan dinobatkan, dan kemudian ke Windsor untuk dikebumikan di brankas kerajaan.

Sebelum pemakaman, jenazah Ratu akan disemayamkan di Westminster Hall selama empat hari, sehingga memungkinkan publik memberikan penghormatan.

Peti mati Ratu sekarang berada di Ballroom di Kastil Balmoral dan akan dibawa ke Istana Holyroodhouse di Edinburgh pada Minggu.

Advertisement

Pada Senin, prosesi termasuk Raja dan anggota keluarga kerajaan akan dibentuk saat peti mati dibawa ke Katedral St Giles di kota itu. Jenazah Ratu Elizabeth akan tetap di sana sampai Selasa, sehingga orang-orang di Skotlandia dapat memberikan penghormatan.

Pada Selasa malam, peti mati Ratu, yang ditemani oleh Putri Anne, akan diterbangkan dari bandara Edinburgh ke RAF Northolt dan kemudian dibawa ke Istana Buckingham.

Pada Rabu sore, jenazah Ratu akan dipindahkan ke Westminster Hall, di mana ia akan disemayamkan sampai pemakaman kenegaraan. Anggota masyarakat akan memiliki kesempatan untuk mengunjungi Westminster Hall untuk memberikan penghormatan kepada Ratu.

Advertisement

BACA JUGA: Profil Raja Charles III Penerus Ratu Elizabeth II

Sumber : The Guardian

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Bisnis Kerajinan Celengan Karakter Berbahan Gipsum di Bantul Datangkan Untung Jutaan Rupiah

Bantul
| Selasa, 04 Oktober 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement