Advertisement

Wapres Dipastikan Akan Membuka Jogja Halal Festival 2022

Media Digital
Rabu, 07 September 2022 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wapres Dipastikan Akan Membuka Jogja Halal Festival 2022 Jajaran pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Daerah Istimewa Yogyakarta bertemu dengan Wakil Presiden di rumah wapres di Jl Diponegoro 2 Jakarta Senin (5/9/2022). - Ist

Advertisement

JOGJA-Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin menerima audensi jajaran pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Daerah Istimewa Yogyakarta dan langsung menyanggupi akan datang di acara Jogja Halal Festival#2. Suasana audensi yang sangat cair dan dialogis itu berlangsung di kediaman resmi wapres di Jl Diponegoro 2 Jakarta Senin (5/9/2022).

Dalam keterangan persnya seusai mendampingi Wapres Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi menyampaikan bahwa dalam pertemuan tersebut Wapres menyambut baik rencana penyelenggaraan kegiatan Jogja Halal Festival #2 yang diinisiasi oleh MES DIY di JEC 3-6 Nopember 2022.

Advertisement

“Wapres sangat mengapresiasi terhadap kegiatan ini. Wapres selalu bicara betapa pentingnya kita melakukan identifikasi siapa saja yang selama ini menjadi pengusaha muslim dan ternyata MES DIY sudah melakukan langkah langkah itu” ujarnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (7/9/2022).

Masduki menambahkan, Wapres berharap acara yang akan digelar di Tempat Expo terbesar di Yogyakarta itudapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap pembangunan ekosistem halal di Indonesia.

Baca juga: Begini Cara Mendapatkan Sertifikat Halal

“Jadi, problem kita di dalam bicara mengenai ekosistem halal itu adalah literasi masyarakat di Kegiatan di Jogja ini adalah bagian dari peningkatan literasi yang penting, oleh karena itu rantai pengusaha akan diidentifikasi setelah kegiatan itu,” tambahnya.

Untuk itu, menurut Masduki Wapres sangat berharap bahwa kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat lebih besar ke depannya melalui perluasan jariangan yang baik. “Kegiatan tidak berhenti pada festival,tetapi ada pendataan,ada jaringan dan segala macam itu akan di data dari kegiatan tersebut, itu harapan wapres dan saya kira akan menjadi rangkaian berikutnya," lanjut dia.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut Wapres mendorong terbentuknya Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) yang harapannya juga dapat dikembangkan di Jogja. “Sekarang juga didorong oleh Wapres, disamping ada KNEKS juga nanti ada KDEKS dan itu diharapkan ada juga segera di Jogja, sebelumnya sudah ada di NTB, Riau dan Sumatera Barat dan provinsi lainnya," jelas dia.

Sementara itu Heroe Purwadi sangat berharap, dalam event halal paling besar di Indonesia ini, dapat diikuti oleh produk produk yang baik dan telah mendapatkan lisensi halal. Banyak kegiatan telah disipakan untuk lebih memantik daya tarik pengunjung yang ditargetkan akan dihadiri oleh lebih dari 50.000 orang. Bahkan diprediksi akan terjadi transaksi yang fantastis, meskipun terjadi kenaikan harga BBM.

“Semoga tak berpengaruh besar, sebab produk halal itu bukan sekadar mencari produk yang biasa, tetapi produknya penuh berkah menyehatkan dan menimbulkan ketenteraman,” kata Heroe Purwadi.

Pada bagian lain Mursida Rambe Ketua SC sekaligus ketua HCY sangat berharap, pemilik produk yang telah mendapatkan label halal akan lebih memiliki dampak bagus karena pengakuan halal itu diyakini dapat mendongkrak nilai jual dan kepastian akan kenyamanan konsumen, insyaallah event ini akan menjadi berkelas internasional artinya semua produk akan juga terpantau oleh buyer atau konsumen seantero jagad.

Turut hadir dalam audensi itu Wakil Ketua Umum MES Teten Masduki, Staf Khusus Bidang Ekonomi Kerakyatan Kemenkop UKM Riza Damanik, Ketua Umum MES DIY Heroe Purwadi, Sekum Edi Sunarto , bendahara Noor Lisnani Pamella, Ketua panitia Sarwi PeniW, Ketua Halal Club Yogyakarta Mursida Rambe, Ketua ISMI DIY Wawan Herawan, Ketua PPHI DIY Taufik Ridwan Bendahara MUKISI Aditya Maulana dan ketua devisi Sertifikasi RS Syariah PP MUkisi Wahyu Sulistiadi.

Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Staf khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Masykuri Abdillah, tim ahli Wapres sekaligus sekjend MES Pusat Iggi Haruman Achsien, serta asisten staf khusus Wapres Sholahudin A Aiyub. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement