Advertisement

25 Baterai Lampu Penerangan Jalan di Klaten Hilang Digondol Maling

Taufik Sidik Prakoso
Selasa, 06 September 2022 - 05:27 WIB
Jumali
25 Baterai Lampu Penerangan Jalan di Klaten Hilang Digondol Maling Ilustrasi Perawatan Lampu Penerangan Jalan Umum - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN — Baterai 25 lampu penerangan jalan umum (PJU) bertenaga tenaga surya yang tersebar di beberapa daerah di Klaten raib. Meski seperti itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten belum melaporkan aksi pencurian puluhan baterai itu ke polisi.

Kepala Dishub Klaten, Supriyono, mengatakan lokasi PJU tersebar ke beberapa wilayah. Dia mencontohkan seperti hasil pengecekan di wilayah Kecamatan Polanharjo.

“Saya tadi mengecek ke Polanharjo, ada empat yang baterainya hilang. Kemarin saya lewat di Kecamatan Trucuk juga banyak [PJU bertenaga tenaga surya] yang mati mungkin baterainya juga sudah hilang,” kata Supriyono saat ditemui di Pendapa Pemkab Klaten, Senin (5/9/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Supriyono menjelaskan baterai itu berfungsi menyimpan energi listrik yang dihasilkan dari perangkat tenaga surya. Energi listrik dari baterai itu disalurkan ke lampu.

Lokasi baterai berada di atas tiang dan selama ini sudah terkunci serta ditambahi jeruji. Namun, baterai-baterai PJU masih banyak yang raib.

“Ada yang kondisinya itu dikembalikan lagi dengan rapi. Setelah dicek ternyata baterai di dalamnya sudah hilang,” ungkap dia.

Dishub Klaten belum melaporkan hilangnya baterai PJU tenaga surya itu ke Kepolisian. Dia menekankan kepada petugas yang melakukan pengecekan PJU agar mengenakan seragam dinas serta kendaraan operasional dinas setiap kali bertugas mengecek PJU.

“Ketika ada pihak lain yang melakukan perbaikan, kami lengkapi dengan surat dinas,” ungkap dia.

Lantaran baterai raib, sebanyak 25 PJU bertenaga tenaga surya itu kini padam. Nilai kerugian akibat raibnya baterai itu mencapai ratusan juta rupiah.

Advertisement

Soal penggantian baterai, Supriyono menjelaskan tahun ini ada anggaran untuk perawatan namun terbatas.

“Tahun ini ada anggarannya tetapi sedikit. Yang jelas perawatan tetap ada tetapi tidak banyak,” jelas dia.

Jumlah total PJU tenaga surya di Klaten ada 1.369 unit. Lokasi PJU itu tersebar ke berbagai wilayah, terutama di ruas jalan yang jauh dari sambungan listrik PLN.

Advertisement

Pemasangan PJU tenaga surya di Kabupaten Bersinar sudah dilakukan sekitar tiga hingga lima tahun terakhir

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kantor Kemenag Kulonprogo Kukuhkan 11 Agen Perubahan 2022

Kulonprogo
| Senin, 26 September 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement