Advertisement

Kemeriahan Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2022 Sentra Antasena di Magelang

Media Digital
Selasa, 02 Agustus 2022 - 09:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kemeriahan Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2022 Sentra Antasena di Magelang Peringatan Hari Anak Nasional Tahun (HAN) 2022 di Sentra Antasena di Magelang. - Ist

Advertisement

MAGELANG-Sentra Antasena di Magelang menjadi salah satu spot peringatan Hari Anak Nasional Tahun (HAN) 2022. Bertempat di sport center Sentra Antasena di Magelang, acara puncak peringatan HAN digelar meriah, diikuti oleh anak-anak dari Sentra Antasena di Magelang, SMA/SMK dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di Kabupaten/Kota Magelang. Turut hadir Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magelang, Kepala Dinas Sosial Kota Magelang, Kepala Balai Kumuda Putra Putri Magelang, Kapolsek Salaman, Danramil Salaman, Camat Salaman serta Kepala Desa Salaman.

Berdasarkan rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (2/8/2022), pelaksanaan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional Kementerian Sosial Tahun 2022 dipusatkan di Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sedangkan pelaksanaan Puncak Acara digelar di Kecamatan Selong dan dihadiri oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini. Melalui video coference, Risma menyampaikan, "Anak-anak harus rajin belajar agar sukses, patuh pada orang tua. Anak Indonesia harus berani, cerdas dan ceria. Tidak boleh rendah diri dan minder. Jauhi narkoba karena anak-anak adalah calon pemimpin bangsa, saya tunggu keberhasilan kalian".

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Acara dimeriahkan dengan penampilan anak-anak mulai dari musik band, tari sorengan, menyanyi sampai penampilan bakat dalam bidang olahraga panjat dinding dan panahan. "Peringatan Hari Anak Nasional ini tidak hanya sekadar acara seremonial semata tapi juga merupakan wadah bagi anak-anak Indonesia untuk mengekspresikan diri menngembangkan bakat dan potensinya. Anak Indonesia harus selalu bersemangat menunjukan hal-hal positif dalam dirinya. Kami juga mengajak seluruh pihak untuk peka dan peduli terhadap isu-isu anak serta melindungi dan memastikan hak-hak anak terpenuhi," ujar Agung Suhartoyo selaku Kepala Sentra Antasena di Magelang.

Dalam kesempatan ini juga diserahkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) kepada seorang anak berkebutuhan khusus, penderita celebral palsy berupa standing frame senilai Rp4.500.000, Anak yang Memerlukan Pengembangan Fungsi Sosial (AMPFS) pada LKSA di Kabupaten/Kota Magelang sebanyak 200 orang dengan total bantuan senilai Rp112.500.000 dan 2 orang ADHA pada Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Kabupaten dan Kota Magelang senilai total Rp1.500.000.

Selain itu juga diumumkan pemenang lomba panahan dan panjat dinding yang telah dilaksanakan sebelumnya sebagai salah satu rangkaian kegiatan HAN Tahun 2022. Kelik pelajar SMK Muhammadiyah Salaman, pemenang pertama lomba panjat dinding putra menyampaikan rasa bahagianya "Alhamdulillah, saya tidak menyangka keluar sebagai juara 1, padahal sebelumnya saya belum pernah menekuni olahraga ini karena keterbatasan fasilitas. Terima kasih kepada Sentra Antasena di Magelang yang telah mengadakan lomba ini. Saya berharap ke depannya bisa menjadi atlet panjat dinding profesional," katanya. 

Kegiatan juga diisi dengan berbagai permainan tradisional anak seperti dakon, ular tangga, teklek dan egrang. Anak-anak tampak antusias bermain. Permainan tradisonal ini sekarang sudah jarang ditemukan dan dimainkan oleh anak-anak. Melalui permainan ini, anak-anak diharapkan bisa bermain bersama, bersosialisasi, bergembira dan mengenal jenis permainan tradisional yang semestinya turut mengisi keseharian mereka dan sepatutnya dilestarikan.

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022 mengusung tema "Anak terlindungi, Indonesia Maju". Momentum ini diharapkan menjadi penyemangat anak-anak Indonesia untuk selalu optimis menggantungkan cita-citanya setinggi langit, menjadi anak-anak yang hebat, sehat, kuat dan kreatif dengan dukungan dari seluruh komponen bangsa.*

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Perhatian, Ini Rencana Pengalihan Lalu Lintas dari Maguwo ke UIN Saat Pernikahan Kaesang-Erina Sabtu Besok

Sleman
| Kamis, 08 Desember 2022, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement