Advertisement

Target Pembangunan 61 Bendungan Hingga 2024 Sulit Dicapai, Ini Sebabnya

Muhammad Ridwan
Senin, 01 Agustus 2022 - 22:27 WIB
Budi Cahyana
Target Pembangunan 61 Bendungan Hingga 2024 Sulit Dicapai, Ini Sebabnya Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meresmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Selasa 23 Februari 2021. - Youtube Sekretariat Presiden

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) belum mendapatkan tambahan anggaran untuk menyelesaikan proyek bendungan baru pada tahun depan. Kurangnya anggaran tersebut membuat jumlah bendungan yang diselesaikan menyusut.

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR hanya mendapatkan alokasi pagu indikatif senilai Rp35,8 triliun untuk tahun anggaran 2023. Dari jumlah itu, Rp9,32 triliun dialokasikan untuk pembangunan bendungan dengan target melanjutkan 24 pembangunan dan penyelesaian 3 bendungan.

Direktur Bendungan dan Danau Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Airlangga Mardjono mengatakan usulan tambahan anggaran tersebut masih belum mendapatkan kepastian.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

"Sudah kita usulkan," kata Airlangga kepada Bisnis.com, Senin (1/8/2022).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dengan alokasi pagu tahun anggaran 2023, pihaknya hanya dapat menyelesaikan 3 bendungan.

Kementerian PUPR menargetkan Bendungan Cipanas, Bendungan Karian, dan Bendungan Sepaku Semoi untuk selesai pada tahun depan.

Basuki mengatakan apabila terdapat tambahan alokasi anggaran Rp6,5 triliun pada tahun depan, maka target pemerintah untuk membangun hingga 61 bendungan hingga 2024 masih dapat tercapai.

"Tahun ini 9 [bendungan], tahun depan 13, sisanya 2024,” ungkapnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Peringati Hari Pariwisata Dunia, Bantul Gelar Pertunjukan Seni di YIA

Bantul
| Selasa, 27 September 2022, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement