Advertisement

Simulasi Capres-Cawapres 2024, Ini Dua Tokoh dengan Elektabilitas Tertinggi

Lukman Nur Hakim
Senin, 25 Juli 2022 - 14:17 WIB
Budi Cahyana
Simulasi Capres-Cawapres 2024, Ini Dua Tokoh dengan Elektabilitas Tertinggi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Lembaga Survei Politika Research and Consulting (PRC) meriliis survei elektabilitas simulasi pasangan calon (paslon) presiden dan calon wakil presiden periode 2024-2029.

Dalam survei tersebut, PRC menyebut pasangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno unggul atas pasangan lain.

BACA JUGA: Dear Moms, Cermati Tips Tingkatkan Kualitas Pola Asuh Anak Berkualitas

“Elektabilitas pasangan Ganjar-Sandi teratas dengan perolehan 44,8 persen. Angka ini jauh di atas paslon lainnya seperti Anies Baswedan/Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Prabowo Subumianto/Cak Imin,” ujar Direktur Eksekutif PRC, Rio Prayogo dalam keterangan resminya, Senin (25/7/2022).

Rio menjelaskan, bahwa Anies dan AHY hanya mendapat 32,4 persen, lalu pasangan Prabowo dan Cak Imin hanya memperoleh 13,8 persen. Kemudian, simulasi elektabilitas paslon Ganjar Pranowo disandingkan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga mendapat raihan tertinggi dalam model simulasi yang lain.

Diketahui, elektabilitas paslon Ganjar/Ridwan Kamil melesat di atas Anies/AHY dan Prabowo/Airlangga.

"Pasangan Ganjar dan Ridwan Kamil terpaut jauh di atas Anies dan AHY serta Prabowo Airlangga dengan angka 42,2 persen. Sementara Anies/AHY dapat 33,1 persen dan Prabowo/Airlangga sebanyak 15,1 persen," ujar dia.

BACA JUGA: Mendesak! Investor Diarahkan Tanamkan Modal untuk Parkir Vertikal di Jogja

Adapun survei dilakukan pada 12 Juni 2022 sampai 3 Juli 2022 yang diikuti 1.200 responden di seluruh Indonesia melalui wawancara telepon.

Pengambilan sampel menggunakan metode multi-stage random sampling terhadap populasi nasional dengan tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error sebanyak 2,74 persen.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

siap-siap! Bakal Ada Job Fair di Bantul, Buka 4.000 Lowongan Kerja

Bantul
| Rabu, 17 Agustus 2022, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Tiket Masuk Borobudur dan Pulau Komodo Naik, Sandiaga Uno: Tidak Semua Tiket Destinasi Naik!

Wisata
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement