Advertisement

Warga Wonogiri Temukan Balon Udara Berisi Ratusan Petasan

Muhammad Diky Praditia
Selasa, 19 Juli 2022 - 23:07 WIB
Jumali
Warga Wonogiri Temukan Balon Udara Berisi Ratusan Petasan Ilustrasi petasan. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, WONOGIRI — Warga Dusun Ngudal, Desa Platarejo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah menemukan balon udara raksasa di daerah setempat, Minggu (17/7/2022).

Balon udara rakitan yang tersangkut di pohon jati dan bambu itu membawa rangkaian tabung berisi ratusan petasan berbagai ukuran.

Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasubsi Penmas Polres Wonogiri, Aiptu Iwan Sumarsono, mengatakan balon udara berisi petasan itu ditemukan kali pertama oleh Maridi, 73, di kebun milik salah satu warga di Dusun Ngudal RT 001/RW 008 Desa Platarejo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri pukul 14.00 WIB. Maridi menemukan itu secara tidak sengaja saat dalam perjalanan ke ladang.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Mengetahui hal itu, Maridi segera memberitahukan kepada warga lain, yaitu Asep Sulhadi, Sumardi, dan Warsino. Mereka mengecek balon udara tersebut sebelum melaporkan temuan itu ke Polsek Giriwoyo, Senin (18/7/2022).

Petugas piket Polsek Giriwoyo pada saat itu, Aiptu Widodo dan Bripka Yulianto segera mendatangi lokasi temuan. Setelah dilakukan pengecekan, ditemukan sejumlah tabung berukuran kecil hingga besar diduga petasan yang tergantung pada cincin kerangka balon berdiamater tiga meter. Sementara petasan berukuran kecil terikat pada kerangka cincin balon udara.

Petugas segera membawa balon tersebut ke Mapolsek Giriwoyo dengan diangkut mobil double cabin Polsek Giriwoyo. Selanjutnya, petugas bersama anggota Mako Koramil 08 Giriwoyo, Serda Maryadi memusnahkan petasan dengan cara direndam dalam air.

Adapun barang yang berhasil dibawa, yaitu atu buah balon udara rakitan berikut cincin dan sumbu, 10 buah petasan ukuran besar berdiameter 10 sentimeter dan panjang 30 sentimeter, sembilan petasan ukuran sedang berdiameter delapan sentimeter dan panjang 20 sentimeter, petasan ukuran kecil sebanyak satu renteng sepanjang 1,5 meter dengan diameter satu sentimeter dan panjang delapan sentimeter yang terangkai pada sumbu.

“Balon udara rakitan yang membawa petasan itu terbuat dari plastik yang direkatkan menggunakan lakban warna cokelat,” kata dia.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

13 Guguran Lava Merapi Terjadi Dalam Sepekan

Sleman
| Sabtu, 24 September 2022, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendekar Roti Kolmbeng Terakhir di Jogja

Wisata
| Sabtu, 24 September 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement