Advertisement

Aturan Terbit, Minyak Goreng Curah Kemasan Meluncur 6 Juli 2022

Indra Gunawan
Selasa, 05 Juli 2022 - 13:57 WIB
Bhekti Suryani
Aturan Terbit, Minyak Goreng Curah Kemasan Meluncur 6 Juli 2022 Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat mengunjungi Pasar Cibubur, Jakarta, Kamis, 16 Juni 2022 / Dokumen Biro Humas Kemendag.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan meluncurkan minyak goreng curah kemasan sederhana merek Minyak Kita pada Rabu besok, 6 Juli 2022.

Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kemendag Isy Karim mengatakan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) terkait Minyak Kita sudah ditandatangani oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas).

“Ini tinggal menunggu diundangkan, sudah ditandatangani pak menteri. Kan ada proses pengundangan ke Kemenkumham,” kata Isy, Selasa (5/6/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Isy menuturkan Minyak Kita saat ini sudah memperoleh izin edarnya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan sertifikat SNI.

“itu juga SNI sama izin edarnya kita fasilitasi, dalam dua hari keluar loh [izin] BPOM Minyak Kita. Izin penggunaan merek nanti keluar pokoknya 1-2 hari,” ujarnya.

BACA JUGA: Sultan Siap Terjun Damaikan Pihak Bertikai di Babarsari

Isy mengungkapkan bahwa rogram Minyak Kita ini merupakan program lanjutan dari program sebelumnya, yaitu Minyak Goreng Curah Rakyat alias MGCR.

Dia menjelaskan, perbedaannya hanya terletak pada kemasan minyak goreng yang lebih kuat dan rapi. Selain itu kualitas ketahanan Minyak Kita menurutnya lebih baik dibanding minyak curah.

“Dalam istilah produksi kualitas ketahanan minyak ini dikatakan sebagai CP atau cloud point yakni suhu di mana minyak nampak berkabut. Minyak Kita 10, curah 12, kalau premium itu 8,” ucap Isy.

Advertisement

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menyatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan pelaku usaha minyak goreng. Tujuannya agar masyarakat dapat membeli minyak goreng curah dalam kemasan sederhana di ritel modern dengan harga Rp14.000 per liter dengan lebih aman dan higienis.

“Saya akan undang pengusaha-pengusaha, produsen minyak goreng, untuk mengemas minyak curah menjadi kemasan sederhana. Sehingga nanti masyarakat, ibu-bu, kalau dia belanja ke supermarket, ada minyak goreng yang harganya Rp14.000 per liter dengan merek Minyakita,” ujar Mendag Zulhas di Pasar Kosambi, Bandung, Jawa Barat, Kamis, (23/6/2022).

Advertisement

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

BPBD DIY Akan Luncurkan 55 Sekolah Aman Bencana

Jogja
| Senin, 03 Oktober 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement