Advertisement

Cantiknya Penampakan Planet Sejajar Jupiter, Saturnus, Mars & Venus

Hendri T. Asworo
Jum'at, 24 Juni 2022 - 12:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cantiknya Penampakan Planet Sejajar Jupiter, Saturnus, Mars & Venus Penampakan langit pagi dari tangkapan layar NASA di salah satu tempat di Amerika Serikat (AS) yang memperlihatkan planet Jupiter, Venus, Saturnus, dan Mars. Fenomena planet sejajar terjadi di Tanah Air dari Bogor hingga New York warga mengabadikan gambar - NASA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Fenomena planet sejajar atau parade planet mulai dari Jupiter, Saturnus, Mars, Venus hingga Bulan pada dini hari tadi membuat heboh jagat maya. Penampakannya dapat dilihat jelas dari  Bogor hingga New York, Amerika Serikat.

Apakah itu planet sejajar? Pada bulan Juni ini adalah fenomena langka di antariksa, di mana 5 planet sekaligus akan berada pada posisi berjajar. Parade planet yang langka ini, belum pernah terlihat sejak 2004. Bahkan, peristiwa ini tidak akan terjadi lagi sampai 2040, atau setiap 18 tahun sekali.

Advertisement

Fenomena ini mulai terjadi pada 24 Juni 2022, dan akan tetap terlihat sampai akhir bulan ini. Adapun waktu terbaik untuk menyaksikannya adalah beberapa hari setelah titik balik matahari musim panas.

Bagaimana kalau tidak punya teleskop? Anda dapat melihatnya dengan mata telanjang. Namun, perlu dicatat bahwa parade planet sejajar ini paling baik dilihat sekitar 45-60 menit sebelum matahari terbit di pagi hari, karena terbebas dari awan hingga akhir bulan.

Baca juga: Potensi Kehidupan di Planet Lain Terdeteksi karena Temuan Ini

Pagi tadi, warga di Tanah Air ramai-ramai mengabadikan fenomena planet sejajar dan mengunggah pada akun media sosial. Di jagat Twitter hingga berita ini diturunkan masih menjadi topik terpopuler. Salah satunya postingan warga dari Bogor yang memperlihatkan jepretan fenomena planet sejajar.

Jepretan foto planet sejajar tampak terlihat indah di Filipina hingga New York. Berikut ini gambarnya:

Bagi Anda yang belum sempat melihat fenomena planet sejajar dapat menyaksikan hingga akhir bulan ini. Namun, perlu memahami posisi dan karekter planet tersebut.

Kendati kelima planet akan muncul dalam garis lurus melintasi langit, pemandangan ini hanya terlihat dari perspektif Bumi. Pada kenyataannya, planet-planet itu tersebar berjauhan di seluruh tata surya.

Advertisement

Ilustrasi foto posisi Jupiter, Mars, Saturnus hingga Merkurius yang diambil oleh satelit NASA.

Merkurius contohnya, planet yang paling sulit dilihat meski dapat dilihat dengan mata telanjang, karena jaraknya yang dekat dengan matahari. Planet kecil ini akan tetap berada sangat rendah di cakrawala. Jadi untuk melihatnya membutuhkan pandangan tanpa hambatan dari cakrawala timur karena pepohonan, bangunan, dan gunung semuanya berpotensi menghalangi.

Venus akan menjadi panduan untuk melihat Merkurius, bersinar lebih terang dan muncul tepat di atas. Apalagi di sebelah kanan planet ini berposisi dekat dengan matahari.

Adapun Mars, Jupiter, dan Saturnus akan lebih mudah ditemukan karena letaknya lebih tinggi di langit.

Kelima planet akan berkumpul lebih dekat pada 2040, tetapi akan lebih sulit untuk menemukan Merkurius dibandingkan dengan penyelarasan tahun ini karena akan lebih dekat dengan matahari.

Advertisement

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

YKTV, Upaya Pemkot Jogja Dekatkan Diri ke Masyarakat

Jogja
| Senin, 27 Juni 2022, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement