Advertisement

BMKG: Jogja Waspada Hujan Disertai Petir!

Newswire
Kamis, 16 Juni 2022 - 08:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
BMKG: Jogja Waspada Hujan Disertai Petir! Ilustrasi. - Antarafoto/ Rahmad

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di 34 provinsi di Indonesia mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, Kamis (16/6/2022). BMKG juga mengimbau warga Jogja untuk waspada terhadap potensi hujan disertai petir. 

Dilansir dari Antara-jaringan Harianjogja.com dari laman www.bmkg.go.id, cuaca hujan berpotensi mengguyur Pulau Sumatera di antaranya wilayah Aceh dengan intensitas sedang yang disertai petir. Sementara, Padang dan Bengkulu cerah berawan.

Beralih ke pulau Jawa, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Semarang dan Serang. Hujan dengan intensitas lebat diperkirakan mengguyur wilayah Bandung, sedangkan Jakarta berawan. Masyarakat di wilayah Yogyakarta dan Surabaya perlu mewaspadai potensi hujan disertai petir.

Prakiraan cuaca di Pulau Kalimantan masih terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan yang diperkirakan terjadi di wilayah Banjarmasin dan Palangkaraya. Potensi hujan dengan intensitas lebat hingga petir terdapat di wilayah Pontianak dan Samarinda. Wilayah Tanjung Selor diperkirakan berkabut.

Beralih ke Pulau Sulawesi, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan yang diperkirakan mengguyur wilayah Gorontalo dan Kendari. Sedangkan potensi hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terdapat di wilayah Makassar.

Untuk potensi hujan dengan intensitas lebat hingga petir terdapat di wilayah Mamuju dan Palu. Kondisi cuaca wilayah Manado diperkirakan cerah berawan.

Baca juga: BPD DIY Renovasi 18 Rumah Tidak Layak Huni

Di Pulau Bali, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan mengguyur kawasan Denpasar. Wilayah Mataram diperkirakan terdapat potensi hujan yang disertai dengan petir.

Wilayah timur Indonesia umumnya diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di antaranya wilayah Papua dan Ternate.

Curah hujan di sejumlah wilayah ibu kota provinsi di Indonesia itu dipengaruhi bibit siklon tropis 94S yang terpantau di Samudra Hindia Barat Daya, Bengkulu dengan kecepatan angin maksimum 15 knot dan tekanan udara minimum 1007,6 hpa.

Advertisement

Suhu rata-rata di Indonesia berkisar antara 22 hingga 33 derajat Celcius dengan suhu terendah berada di wilayah Pontianak mencapai 22 derajat Celcius. Tingkat kelembaban udara berada di kisaran 55 hingga 100 persen.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

60 Komunitas Penanggulangan Bencana Peroleh Pembinaan BPBD Sleman

Sleman
| Sabtu, 02 Juli 2022, 14:07 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement