Advertisement

Pembangunan IKN Nusantara Dimulai Agustus 2022

Muhammad Ridwan
Kamis, 09 Juni 2022 - 20:37 WIB
Arief Junianto
Pembangunan IKN Nusantara Dimulai Agustus 2022 Ilustrasi desain kantor istana kepresidenan yang akan dibangun di IKN Kaltim. Istimewarn

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dimulai pada Agustus 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan mulai bulan ini pihaknya telah memulai tender untuk pengerjaan land development, istana negara, kantor wakil presiden, kantor kementerian koordinator, dan kantor-kantor kementerian.

Advertisement

Selain itu, dilakukan juga lelang proyek infrastruktur dasar lainnya seperti pekerjaan drainase, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang akan menjadi akses ke IKN, serta jalan nasional yang menuju Kawasan Sumbu Kebangsaan.

“Kalau ini sudah ada pemenang lelangnya, ini sedang siap-siap [pembangunan], mungkin [Agustus],” kata Basuki di Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Basuki mengatakan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah menyiapkan anggaran yang akan dikucurkan untuk pembangunan IKN pada tahun ini.

Anggaran tersebut, kata dia, telah siap dan hanya tinggal menunggu masuk dalam daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) Kementerian PUPR.

“Sudah [siap anggaran] lagi disusun DIPA-nya, sambil itu kita tender,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian PUPR menyatakan masih belum menerima alokasi anggaran untuk pembangunan IKN Nusantara di tahun ini.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti mengaku telah menyusun dan meminta alokasi anggaran pembangunan IKN ke Kemenkeu.

Akan tetapi, hingga kini alokasi tersebut masih belum masuk ke dalam daftar isian pelaksana anggaran (DIPA) Kementerian PUPR.

“Di DIPA kami tidak ada, tapi kami harus sudah mempersiapkan sejak tahun ini sampai 2024,” kata Diana, Selasa (7/6/2022).

Adapun, Kementerian PUPR memproyeksikan kebutuhan anggaran untuk memulai sejumlah pekerjaan di IKN pada tahun ini diperlukan anggaran sebesar Rp 2 triliun-Rp3 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement