Advertisement

Ini 10 Negara Terkecil di Dunia, Ada Vatikan

Robby Fathan
Kamis, 09 Juni 2022 - 22:07 WIB
Bhekti Suryani
Ini 10 Negara Terkecil di Dunia, Ada Vatikan Kota Vatikan, salah satu negara terkecil di dunia - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Batas wilayah merupakan hal yang penting bagi suatu negara. Namun, setiap negara memiliki batas wilayah yang berbeda. Ada negara besar dan ada negara kecil.

Ada lebih dari 194 negara di dunia, dan sebagian besar di antaranya luas daratannya, kenyataannya ada beberapa negara yang sangat kecil. Bahkan kecil dibandingkan kota-kota di negara lain.

Advertisement

Negara-negara ini tersebar di Eropa, Karibia, dan Pasifik. Luas daratannya kurang dari 400 kilometer persegi.

Berikut daftar 10 negara terkecil di dunia versi wordatlas:

1. Vatikan

Negara terkecil pertama yaitu Vatikan. Luas negara ini hanya mencapai 0,44 kilometer persegi saja. Sedangkan jumlah penduduknya hanya ada 800-900 jiwa.

Terletak di tengah Roma, Italia, negara bersejarah ini adalah rumah bagi Tahta Suci, yang merupakan nama lain untuk pemerintahan Gereja Katolik Roma. Paus adalah kepala administrasi ini, dan otoritasnya mencakup semua umat Katolik di seluruh dunia

2. Monako

Monako menempati posisi kedua sebagai negara terkecil di dunia dengan wilayah seluas 2,02 kilometer persegi sajanamun penduduk Monako cukup banyak yakni sekitar 30 ribu jiwa.

Monaco adalah kerajaan berdaulat yang terletak di sepanjang Laut Mediterania, di Riviera Prancis. Prancis mengelilingi Monako melalui daratan , dan Mediterania berada di pantai timurnya.

Negara ini adalah rumah bagi sektor perbankan, real estat, dan keuangan yang kuat, dan diperintah oleh Pangeran Albert Alexandre Louis Pierre Grimaldi, juga dikenal sebagai Pangeran Albert II. Keluarga Grimaldi telah memerintah Monaco sejak akhir 1200-an.

Advertisement

3. Nauru

Nauru menempati posisi ketiga dengan wilayah seluas 21 kilometer persegi serta memiliki populasi sekitar 12.000-13.000 jiwa.

Nauru adalah pulau karang yang terangkat di barat daya Samudra Pasifik. Nauru umumnya dianggap sebagai salah satu pulau yang sangat kebarat-baratan di Pasifik Selatan, dan sekitar empat perlima penduduknya menggambarkan diri mereka sebagai orang Kristen, hasil misionaris yang datang ke pulau itu pada akhir 1800-an.

4. Tuvalu

Tuvalu telah disebut negara tenggelam. Terdiri dari kepulauan kecil pulau karang di barat-tengah Samudra Pasifik yang mencakup sekitar 420 mil (676 km) dari barat laut ke tenggara, naiknya permukaan laut perlahan-lahan menutupi daratannya. Ini karena pemanasan global meningkatkan permukaan air, dan karena karang Tuvalu sekarat dan garis pantai terkikis ke laut.

Advertisement

Tuvalu memiliki populasi sekitar 11.500 jiwa yang sebagian besar memilih untuk bermigrasi ke negara-negara terdekat seperti Selandia Baru.

5. San Marino

San Marino menempati posisi kelima sebagai negara terkecil di dunia dengan wilayah seluas 61 kilometer persegi

Terletak sebagai republik yang terkurung daratan di tengah Italia, San Marino adalah rumah bagi sekitar 33.785 orang Sammarinese. Italia adalah bahasa lisan resmi, dan kebanyakan orang yang tinggal di sana adalah Katolik Roma, meskipun negara itu tidak memiliki agama resmi. Pariwisata dan pertanian keduanya penting bagi negara yang sebagian besar perkotaan ini.

6. Liechtenstein

Terletak antara Austria dan Swiss, Liechtenstein mencakup sekitar 60 mil persegi (160 km persegi) dan merupakan rumah bagi antara 38.000 dan 39.000 orang.

Advertisement

Pegunungan Alpen mencirikan negara kecil ini yang dipimpin oleh monarki konstitusional. Pariwisata, yang disponsori oleh pemerintah, adalah bagian utama dari ekonominya, serta perbankan asing yang dikenal menjaga kerahasiaan kliennya.

7. Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall menempati posisi ketujuh sebagai negara terkecil di dunia dengan wilayah seluas 181 kilometer persegi.

pulau-pulau yang total lebih dari 1.000 ini adalah rumah bagi sekitar 58.500 jiwa. AS memberikan dukungan ke Kepulauan Marshall dan mengontrol keamanan dan pertahanan kawasan, sambil menggunakan wilayah itu sebagai pangkalan militer dan jangkauan uji coba rudal. Seperti Tuvalu, pulau-pulau ini juga tenggelam ke laut.

Advertisement

8. Saint Kitts Dan Nevis

Negara kecil ini terletak di timur Laut Karibia seluas 104 mil persegi (269 km persegi) yang tersebar di dua pulau. Dikelilingi oleh terumbu karang, sebagian besar penduduknya adalah keturunan Afrika.

Industri tebu dulunya dominan di negara ini, tetapi sekarang pariwisata adalah kekuatan pendorongnya. Inggris dan Prancis sama-sama memerintah negara ini pada titik yang berbeda dalam sejarah, tetapi Saint Kitts sekarang menjadi anggota independen Persemakmuran.

9. Maladewa

Maladewa menempati posisi kesembilan sebagai negara terkecil di dunia. Luas wilayahnya hanya 298 kilometer persegi dengan populasi sekitar 500.000 jiwa.

Terletak di Samudra Hindia antara Indonesia dan Afrika, negara ini mengklaim posisinya sebagai negara dengan dataran terendah di dunia dengan ketinggian hanya empat kaki di atas permukaan laut. Ada 26 atol di Maladewa, dan lebih dari 1.100 pulau, yang kurang dari sepertiganya dihuni oleh manusia.

10. Malta

Malta menempati posisi kesepuluh sebagai negara terkecil di dunia dengan wilayah seluas 316 kilometer persegi.

Terletak di tengah Laut Mediterania, Malta adalah negara pulau yang telah diperintah oleh semua orang mulai dari Romawi dan Yunani, hingga Arab, Sisilia, Prancis, Inggris, dan banyak lagi. Diakui ke Uni Eropa pada tahun 2004, Malta sekarang memiliki salah satu kepadatan penduduk tertinggi di dunia. Pembuatan dan perbaikan kapal, keuangan, pariwisata, pertanian, perikanan, dan manufaktur membentuk ekonominya yang beragam.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Perpustakaan Menjadi Media Penting Peningkatan Literasi

Jogja
| Senin, 27 Juni 2022, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement