Advertisement

Menko Luhut Resmikan Stasiun Pengisi Kendaraan Listrik di Borobudur

Nina Atmasari
Sabtu, 04 Juni 2022 - 21:27 WIB
Nina Atmasari
Menko Luhut Resmikan Stasiun Pengisi Kendaraan Listrik di Borobudur Menko Marves Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (4/6/2022). - Ist/dokumen PT PLN

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG-- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang dibangun PT PLN (Persero) di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah dan Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta pada Sabtu (4/6/2022).

SPKLU Fast Charging yang berada di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) ini merupakan SPKLU Green Tourism pertama di Pulau Jawa. Green Tourism sendiri merupakan konsep wisata yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Advertisement

“Kita mau Borobudur sebagai kawasan yang benar-benar green, menata kendaraan di sini, sepeda motor, mobil, bis semua adalah EV [electric vehicle]. Kita berharap tahun depan lebih banyak lagi yang pakai EV. Kita berharap tahun depan sudah tidak ada lagi kendaraan fosil. Semua sudah pakai green,” kata Luhut, dalam kegiatan di Borobudur tersebut.

Baca juga: GM Akan Tarik Ongkos Penumpang Mobil Swakemudi

Ia mengatakan penggunaan kendaraan listrik di kawasan wisata tersebut karena Indonesia merupakan salah satu negara yang terdepan dalam penerapan energi hijau. Ini juga bisa menjadi bukti bahwa Indonesia serius dalam mengembangkan kendaraan listrik dan menciptakan energi bersih.

“Borobudur ditarget selesai penataannya 2024. Nanti sudah akan cantik. Budget terakhir kita usulkan Rp6,8 triliun untuk penataan ini semua. Masalah tanah, lampu, kabel tidak boleh di atas dan semuanya,” tambah Luhut yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Otorita Kawasan Pariwisata Borobudur tersebut.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo diwakili Direktur Bisnis Regional Jawa Madura dan Bali, Haryanto WS menjelaskan kehadiran SPKLU Fast Charging dengan kapasitas 50 kilowatt (kW) tersebut diharapkan dapat mendukung operasional kendaraan listrik di Kawasan Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Ia juga mengapresiasi langkah PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko yang mulai mengoperasikan kendaraan listrik sebagai moda transportasi yang menghubungkan titik-titik utama pariwisata, seperti bandara, hotel, dan atraksi wisata.

Baca juga: Harga Mobil Listrik listrik Chevrolet Bolt EV Diturunkan

Advertisement

PLN sudah membangun SPKLU di lima lokasi wisata, yaitu Kawasan Candi Borobudur, Kawasan Candi Prambanan, Labuan Bajo, Lombok dan Bali. "Pada Oktober ini kami akan selesaikan pemasangan SPKLU di DPSP Danau Toba, Likupang dan Kawasan Pariwisata Mandalika," tambah Haryanto.

Haryanto mengungkapkan penggunaan kendaraan pariwisata berbasis listrik dan pengoperasian SPKLU di Kawasan Candi Borobodur dan Prambanan merupakan salah satu upaya dalam mengembangkan ekosistem kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

Hingga kini, PLN tercatat sudah membangun 129 unit SPKLU yang tersebar di 98 titik di seluruh Indonesia. Targetnya, hingga akhir 2022 akan ada tambahan 40 unit SPKLU yang tersebar di 28 titik.

Advertisement

Badan Pelaksana Otorita Borobudur memandang perlu dilakukan usaha menyebarluaskan kesadaran tentang energi hijau ini pada semua khalayak. “Badan Pelaksana Otorita Borobudur sangat bersyukur karena Destinasi Super Prioritas Borobudur dipilih sebagai Champion Program Kendaraan Umum berbasis listrik,” kata Direktur Badan Pelaksana Otorita Borobudur, Indah Juanita.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Perpustakaan Menjadi Media Penting Peningkatan Literasi

Jogja
| Senin, 27 Juni 2022, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement