Advertisement

Resmi Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Berikan Mahar Ini

Kurniawan
Kamis, 26 Mei 2022 - 11:17 WIB
Budi Cahyana
Resmi Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Berikan Mahar Ini Tangkapan layar live streaming internal pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati dengan Ketua MK, Anwar Usman di Graha Saba Buana Solo pada Kamis (26/5/2022) pukul 09.56 WIB. (Solopos.com - Kurniawan)\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA  — Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman resmi menikahi adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati pada Kamis (26/5/2022).

Akad nikah adik Jokowi dengan Ketua MK dilaksanakan sekitar pukul 09.56 WIB di Graha Saba Buana Jl. Letjen Sutoyo Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo telah rampung.

Advertisement

Akad nikah pasangan Anwar Usman dan Idayati dipimpin penghulu Arba’in Basyar. Arba’in merupakan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Banjarsari, Solo.

Berdasarkan pantauan Solopos.com melalui siaran live streaming di Media Center Pernikahan Anwar Usman dan Idayati tak jauh dari Graha Saba Buana, prosesi akad nikah berlangsung lancar dan sesuai recana. 

Presiden Jokowi yang menjadi wali nikah sang adik. Sementara itu, Wapres Ma’ruf Amin menjadi saksi nikah untuk mempelai perempuan dan Panglima TNI Jendral Andhika Perkasa menjadi saksi nikah untuk mempelai laki-laki.

Prosesi pernikahan adik Jokowi dengan Ketua MK juga disaksikan 200 tamu undangan yang berada di Graha Saba Buana Solo. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hadir mengenakan setelan jas bersama sang istri, Selvi Ananda.

Sebelum akad nikah, Nasaruddin Umar memberikan kotbah pernikahan. Dia berkotbah tentang hakekat pernikahan yang mempertemukan hal-hal yang berbeda.

Dia menyampaikan bahwa sebuah perbedaan tidak untuk dipertentangkan, tapi dipersatukan. Dia mencontohkan Allah SWT yang memiliki sifat Maha Jauh sekaligus Maha Dekat. Belajar dari nama nama dan sifat Allah SWT.

“Perkawinan mempertemukan hal-hal yang berbeda untuk dipersatukan. Cita-cita perkawinan untuk menemukan sebuah kebahagiaan,” kata dia.

Advertisement

Setelah khotbah, dilanjutkan prosesi akad nikah pukul 09.56 WIB. Jokowi sebagai wali nikah Idayati telah selesai menikahkan adiknya dengan Anwar Usman. Pada kesempatan itu, Ketua MK Anwar Usman menyerahkan mahar berupa seperangkat alat salat dan jam tangan.

Beberapa pejabat negara yang menghadiri  akad nikah di antaranya Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, serta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Memprihatinkan! Warga di Gunungukidul Ini Terpaksa Berjalan 5 Km untuk Akses Sinyal

Gunungkidul
| Senin, 27 Juni 2022, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement