Advertisement

Ratusan UMKM Halal Bakal Ikuti Pameran di JEC

Sunartono
Kamis, 19 Mei 2022 - 10:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ratusan UMKM Halal Bakal Ikuti Pameran di JEC Panitia Muslim Life Fair memberikan penjelasan dalam technical meeting terkait pelaksanaan pameran, Rabu (18/5 - 2022).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Agenda pameran bertajuk Muslim Life Fair 2022 akan digelar di JEC pada 3-5 Juni 2022. Kegiatan ini diikuti 180 pelaku usaha yang akan menampilkan berbagai produk halal terutama dari kalangan UMKM. 

Ketua Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) Rachmat Surtanas Marpaung menjelaskan agenda ini menjadi salah satu terobosan setelah banyak pelaku usaha yang gulung tikar akibat pandemi. Melalui pameran diharapkan UMKM terutama di Jogja bisa kembali mendapatkan keuntungan. Sebelumnya pameran serupa digelar pada 25-27 Maret 2022 di Jakarta. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Jumlah peserta pameran ada 180 pelaku usaha, sebanyak 80 persen berasal dari Jogja dan 20 persen dari luar DIY seperti Solo dan sekitarnya. Karena di Jakarta animo sangat tinggi, maka di Jogja pun kami perkirakan pengunjungnya akan cukup tinggi," katanya, Rabu (18/5/2022).

Ia mengatakan pada event di Jakarta jumlah pengunjung mencapai 30.000 orang dengan nilai transaksi antara Rp15 miliar hingga Rp20 miliar. "Untuk Jogja kami belum berani menargetkan karena baru pertama setelah pandemi," ujarnya.

Baca juga: Setelah Lebaran, Warga Jogja Makin Ramai Beli Emas

Pemilihan Jogja karena dinilai memiliki potensi yang besar UMKM produk halal. Produk ini ke depan perlu dikembangkan mulai dari makanan dan minuman, berbagai kuliner khas Jogja, hingga fashion batik merupakan potensi besar untuk dioptimalkan. "Untuk peserta yang produknya belum bersertifikasi halal, akan kami dampingi ke depan untuk sertifikasi," katanya.

Event ini menjadi salah satu upaya mendukung program pemerintah guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi DIY yang menunjukkan tren positif meski masih pandemi. Pada 2021, pertumbuhan ekonomi DIY melaju sebesar 5,53%, tumbuh di atas ekonomi nasional. "Harapannya melalui pameran ini bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi," ujar kata Penyelenggara Muslim Life Fair Deddy Andu.

Ratusan tenant dalam pameran ini akan menampilkan berbagai kebutuhan produk halal dan islami. Mulai dari modest fashion, islamic education, hobbies and communities, islamic book & publisher, halal travel hingga kuliner halal aman & sehat. 

Advertisement

"Tidak hanya bazar produk, pameran ini juga diisi dengan talkshow, bedah buku, temu penulis, Job Fair, storytelling anak, kids corner dan Kid’s town," ucapnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Ribuan Personel TNI dan Polri ikuti Apel Pengamanan Kaesang-Erina

Sleman
| Rabu, 07 Desember 2022, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Malam Pergantian Tahun, Hotel-Hotel di Bantul Siapkan Gala Dinner dan Live Music

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 17:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement