Advertisement

Songsong Usia 42 Tahun, Perpusnas Terus Berinovasi

Arief Junianto
Sabtu, 14 Mei 2022 - 06:57 WIB
Arief Junianto
Songsong Usia 42 Tahun, Perpusnas Terus Berinovasi Kantor Perpusnas RI. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Guna menyongsong usianya yang genap 42 tahun pada 17 Mei 2022, Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) terus berinovasi dan bertransformasi dalam pengembangan budaya literasi melalui layanan berbasis teknologi informasi agar selaras dengan dinamika di tengah Revolusi Industri 4.0.

“Perpustakaan sebagai sarana untuk penyediaan sumber belajar sepanjang hayat, berperan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karenanya dituntut memiliki pembangunan kapasitas, rancangan dan interaktivitas, serta perubahan pola pikir,” kata Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (13/5/2022).

Advertisement

BACA JUGA: Ini Kecamatan Terpanas di Indonesia Menurut BMKG

Perpusnas akan memperingati hari jadinya pada 17 Mei yang juga diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Dalam peringatan HUT tahun ini, Perpusnas mengusung tema Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional.

Tema ini dipilih karena Perpusnas sebagai leading sector pengembangan dan pembinaan kegemaran membaca atau budaya literasi, harus bergerak mengikuti perkembangan zaman.

“Transformasi perpustakaan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan hal yang dibutuhkan untuk menjangkau seluruh masyarakat di tengah Revolusi Industri 4.0. Perpustakaan harus membuka peluang untuk bersinergi dengan perubahan,” kata Syarif Bando.

Dia mengatakan Perpusnas telah melakukan sejumlah inovasi layanan yakni: Indonesia OneSearch (IOS), sebuah layanan satu pintu pencarian untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, arsip, dan sumber elektronik di Indonesia berbentuk portal web terintegrasi data bibliografis dan fulltext dari berbagai perpustakaan di Indonesia; serta aplikasi perpustakaan digital (iPusnas).

Layanan lainnya adalah e-Resources yang menyediakan sumber bahan perpustakaan digital online (e-Resources) seperti jurnal, e-Book, dan karya referensi online lainnya. Setiap anggota Perpusnas dan telah memiliki nomor anggota yang sah, berhak memanfaatkan layanan koleksi digital online yang telah dilanggan (e-Resources).

BACA JUGA: Penuhi Ambang Batas, Koalisi Golkar, PAN, dan PPP Bisa Usung Capres Sendiri

Advertisement

Terakhir, demi lebih memantapkan masuknya Perpusnas dalam ekosistem digital nasional yakni dengan menyediakan layanan satu pintu untuk International Standard Book Number (ISBN). Proses pendaftaran penerbit, permintaan ISBN dan KDT telah dibuat lebih mudah dengan layanan satu pintu.

Syarif Bando mengatakan Perpusnas sebagai institusi pembina semua jenis perpustakaan di Indonesia secara teknis memiliki kewajiban menginspirasi dan memberikan gagasan, teori-teori baru tentang ilmu pengetahuan untuk kemajuan bangsa. Sejumlah kegiatan diselenggarakan untuk memperingati hari jadi Perpusnas.

Pada 17 Mei, Perpusnas menyelenggarakan upacara secara hibrida yang dipusatkan di Perpusnas Salemba, dihadiri seluruh pegawai, baik di Jakarta maupun UPT di Blitar dan UPT di Bukittinggi.

Unit kerja di Perpusnas juga menyelenggarakan talkshow yang dapat dihadiri masyarakat dengan tema berkaitan dengan perpustakaan dan literasi. Ada juga peluncuran inovasi layanan digital, pameran koleksi unggulan Perpusnas, kelas virtual bersertifikat, dan aneka webinar tematik.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pulang dari Sarkem, 4 Pemuda Dihajar Massa Lantaran Buat Onar

Jogja
| Minggu, 22 Mei 2022, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik Gunungkidul, Sempatkan Singgah ke "Surga Kecil" yang Satu Ini

Wisata
| Sabtu, 21 Mei 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement