Advertisement

Pendidikan Tak Boleh Terabaikan dalam Situasi Apapun

Newswire
Senin, 02 Mei 2022 - 13:27 WIB
Sugeng Pranyoto
Pendidikan Tak Boleh Terabaikan dalam Situasi Apapun Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) jatuh pada Senin (2/5/2022). Presiden Joko Widodo mengingatkan agar pendidikan tidak boleh terabaikan dalam situasi apapun, termasuk berbagai ketidakpastian yang saat ini mengancam dunia karena krisis, pandemi, dan perang.

"Dunia tengah didera ketidakpastian oleh krisis, pandemi, atau perang, tapi pendidikan anak-anak kita tak boleh terabaikan," cuit Presiden dalam akun Twitter resminya, @jokowi, pada Senin, memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2022.

Advertisement

Menurut Presiden, pendidikan menjadi sebuah jalan panjang dalam upaya membangun identitas, karakter dan martabat bangsa Indonesia yang siap menjadi lebih maju.

"Melalui pendidikan kita menempuh jalan panjang untuk membangun identitas, karakter, dan martabat bangsa Indonesia untuk menyambut masa depan yang lebih maju," tulis Presiden dalam cuitan yang sama.

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap 2 Mei bertepatan dengan hari lahir R.M. Suwardi Suryaningrat yang lebih kesohor sebagai Ki Hajar Dewantara dan dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional.

Karena tahun ini Hardiknas jatuh bertepatan dengan Hari Raya Idulfitri 1433 H diikuti cuti bersama yang ditetapkan pemerintah, maka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menetapkan peringatan Hardiknas 2022 dilangsungkan pada 13 Mei mendatang.

Hardiknas 2022 mengusung tema "Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar".

Merdeka Belajar adalah program inisiatif Mendikbud Ristek Nadiem Makarim yang bulan lalu memasuki Episode ke-18 yakni Merdeka Berbudaya dengan Dana Indonesiana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement