Advertisement

Selain Jogja, Kota Ini Jadi Favorit Liburan selama Lebaran

Newswire
Senin, 02 Mei 2022 - 11:27 WIB
Sugeng Pranyoto
Selain Jogja, Kota Ini Jadi Favorit Liburan selama Lebaran Pantai Parangtritis, Bantul, didatangi para wisatawan pada Jumat (1/4/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Kota Jogja menjadi salah satu wilayah yang menjadi favorit tujuan wisata selama Lebaran. Selain Jogja, Bandung, Surabaya, dan Bali juga menjadi kota favorit wisatawan selama libur Lebaran di mana pemesanan early booking naik hingga lebih dari 13% dibandingkan pekan ketiga April. "Antusiasme masyarakat untuk kembali traveling dan mudik ke kampung halaman tahun ini diprediksi akan tinggi," kata Country Head OYO Indonesia Agus Hartono Wijaya, dikutip dari siaran resmi, Senin (2/5/2022).

Tren perjalanan di momentum libur Lebaran tahun ini pun diprediksi masih akan mengikuti tren 2021. Menurut OYO Travelopedia 2021, yang telah melakukan survei kepada 2.000 partisipan di berbagai negara, termasuk di Indonesia, ada peningkatan tren selama 2021 dalam hal perjalanan menuju destinasi di wilayah terpencil dan dekat dengan nuansa alam, hingga preferensi bepergian jalur darat dengan kendaraan pribadi atau road-trip.

Advertisement

Selain itu, lebih dari sepertiga responden Indonesia mengungkapkan lebih menyukai dan memilih bepergian dengan mobil atau sepeda motor pribadi untuk melakukan perjalanan melalui jalan darat. Diperkirakan juga pada momen libur Lebaran 2022, hampir 40% pemudik akan menggunakan jenis kendaraan pribadinya untuk melakukan perjalanan ke kampung halamannya. Dalam hal menginap pun, hotel menjadi pilihan utama dibanding tipe akomodasi lainnya.

Tren dan preferensi wisatawan di era pandemi yang mulai beralih ke wisata alternatif, dengan konsep wisata yang lebih bersahabat dengan alam dan masyarakat lokal, juga akan mempengaruhi tren traveling di momentum libur Lebaran tahun ini. “Pemudik yang datang ke kampung halaman juga diprediksi akan mengunjungi tempat wisata terdekat di kota tujuan. Guna mengakomodir tingginya minat pemudik untuk berlibur di kota tujuan, OYO bersama Pemerintah Pusat dan daerah telah berkomitmen untuk mempromosikan Desa Wisata sebagai destinasi pilihan bagi para wisatawan, salah satunya melalui akomodasi berkualitas yang sudah terstandardisasi di Desa Wisata, dan dapat secara mudah ditemukan di aplikasi OYO,” ungkap Agus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemda DIY Bahas Rencana Berikan Insentif Ternak Mati karena Antraks

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement